Sebagai salah satu kompetisi paling bergengsi di dunia sepak bola, Liga Champions atau UCL jadi salah satu tujuan paling tinggi ketika seseorang berkarir sebagai pemain sepak bola. Banyak yang menjadikannya target utama dalam berkarir karena dengan memenangkan UCL, seorang pemain kemungkinan bakal dikenang sebagai legenda klub.

banner-ads

Sayangnya karena pandemi COVID-19, Liga Champions tahun ini nasibnya gak jelas. Bahkan kompetisi ini kemungkinan bakal dibatalkan karena krisis pandemi yang belum juga selesai di benua biru.

Lo pasti rindu dengan gol-gol yang tercipta dalam kompetisi ini. Soal gol, ada beberapa rekor fantastis di UCL yang mungkin bakal sulit banget buat dipecahkan oleh pemain lain di masa yang akan datang.

Kiper dengan gol terbanyak - (3, Hans-Jörg Butt)

Udah gak aneh buat seorang pemain belakang seperti Sergio Ramos mampu mencetak gol dan mengoleksi banyak gol sepanjang karirnya. Tapi, bagaimana jika yang mengoleksi rekor gol adalah kiper? Legenda Bayern Munchen, Hans Jorg Butt punya rekor unik karena mampu mencetak 3 gol sepanjang keikutsertaannya dalam ajang Liga Champions. Sebuah rekor yang bakal sulit ditaklukkan oleh kiper top Eropa sekalipun.

Gol terbanyak dalam satu laga fase knockout oleh seorang pemain - (5, Lionel Messi)

Musim 2011/2012 kayaknya jadi musim terbaik buat Messi. Selain mencetak 91 gol dalam satu musim, dirinya juga mencetak 5 gol dalam satu pertandingan fase knockout Liga Champions. Banyak yang mengatakan bahwa Messi bagaikan sedang bermain PlayStation menggunakan dirinya sendiri dan menggunakan tingkat kesulitan yang rendah untuk mencetak gol pada pertandingan melawan Bayer Leverkusen tersebut.

Gol terbanyak dalam satu musim UCL - (17, Cristiano Ronaldo)

Saatnya sang rival yang menunjukkan taji. Ngomongin soal rekor Cristiano Ronaldo di Liga Champions, jumlahnya banyak banget sebenernya. Tapi, rekor yang berkaitan dengan gol dan mungkin bakal sulit diulangi apalagi dipecahkan adalah mencetak 17 gol dalam satu musim UCL. Catatan 17 gol tersebut bahkan melebihi catatan beberapa penyerang top di 1 musim kompetisi liga mereka.

Clean sheets berturut-turut terbanyak - (10, Jens Lehmann)

Kalau tadi soal membobol gawang, kali ini rekornya soal gak kebobolan gol. Jens Lehmann mungkin jadi salah satu kiper paling tangguh yang pernah merumput di kompetisi UCL. Gimana enggak Bro, pada musim dimana Arsenal lolos ke final ini, Lehmann mencatatkan 10 pertandingan berturut-turut tanpa kebobolan! Sayangnya di laga final mereka kalah dari Barcelona karena harus bermain 10 pemain setelah Lehmann sendiri yang mendapat kartu merah.

Apa momen yang paling lo rindukan dari UCL, Bro? Kalau sekiranya UCL musim ini dilanjutkan, kira-kira siapa ya yang bakal jadi juara?