Sepanjang sejarah bergulirnya kompetisi sepak bola, banyak banget klub yang bisa dibilang memorable. Mulai dari diisi bintang di setiap lini, hingga jadi juara yang mengejutkan di akhir musim. Banyak dari tim ini bakal melekat di benak penggemar sepak bola walaupun mereka bukan pendukung dari tim yang dimaksud.

Tapi nih Bro, buat menentukannya BT Sport bikin turnamen online dengan cara voting untuk memilih tim mana yang terhebat dalam 1 abad terakhir. Voting ini pun mengerucut pada dua tim bersejarah di Eropa, yaitu pasukan Barcelona pada musim 2008/2009, dan tim klasik Celtic pada musim 1966/1967.

Keduanya punya performa luar biasa pada musim tersebut, sebut aja Barca yang ditangani Pep Guardiola berhasil mengalahkan pasukan MU yang berada di bawah arahan Sir Alex Ferguson, di tanah kelahiran mereka sendiri. Musim itupun Barca meraih treble winner.

Meski begitu, banyak fans yang menilai bahwa skuad Celtic musim 1966/1967 lebih baik. Pasukan asal Skotlandia itu pun memenangkan voting final setelah unggul di antara 187.000 voting yang terjadi.banner-ads



Tercatat pasukan Glasgow Celtic ini mendapat sekitar 740.000 sepanjang turnamen virtual yang diadakan oleh BT Sports. Tapi, apa sih yang spesial dari Celtic di musim tersebut?

Well secara raihan, penguasa liga Skotlandia ini unggul jumlah trofi dibandingkan Barcelona musim 2008/2009. Pasukan berseragam hijau putih ini berhasil mengakhiri musim dengan status Quadruple Winner, alias memenangkan 4 kompetisi besar dalam satu musim yang sama.

Lebih spesialnya, pada musim tersebut Celtic berhasil jadi juara Eropa setelah mengalahkan Inter Milan yang punya permainan ultra defensif dan tak tertembus pada musim tersebut. Pada pertandingan yang digelar di Lisbon, Portugal itu Celtic berhasil menang dengan skor 2-1 melalui gol yang dicetak oleh Thomas Gemmel dan Stevie Chalmers. Selain itu, dalam tim tersebut juga diisi oleh mayoritas warga lokal Glasgow. Tercatat 14 di antara para pemain yang terlibat sebagai juara pada musim tersebut adalah warlok kota Glasgow.



Di sisi lain, banyak yang menilai bahwa pasukan Pep Guardiola pada musim 2008/2009 membawa perubahan besar terhadap dunia sepak bola saat itu. Sejak tahun 2008, tampaknya kiblat sepak bola mulai bergeser ke Spanyol. Dengan teknik tiki-taka yang khas, Barca dianggap punya permainan paling indah di Eropa saat itu.

Oh iya, menurut lo sendiri tim mana dari musim berapakah yang paling memorable di ingatan lo ?