Memenangkan Liga Champions adalah impian buat seluruh pemain sepak bola yang bermain di Eropa. Sejak pertama kali digelar pada tahun 1950-an dengan nama Piala Champions Eropa. Soalnya, piala Liga Champions dianggap sebagai trofi paling bergengsi untuk semua klub Eropa.

 

Dalam sejarahnya yang udah berjalan lebih dari 6 dekade, banyak klub tangguh yang malah gagal di tengah jalan dalam kompetisi ini. Hal tersebut menyebabkan beberapa pemain ikonik dan legendaris sampai sekarang ada yang gak kebagian rasanya mengangkat piala Liga Champions.

Dari banyaknya pemain legendaris yang belum sempat merasakan manisnya juara UCL, 11 pemain bisa digabungkan untuk jadi satu tim. Dengan formasi 4-3-3, seperti inilah seperti inilah bentuk tim tersebut.

Kiper:
Gianluigi Buffon

Lo mungkin tau kisah tragis dari Buffon di Liga Champions. Dirinya berhasil dua kali mengantar Juventus ke final pada tahun 2015 dan 2018. Namun di kedua final tersebut Juventus gak berkutik di bawah dua penguasa La Liga, Barcelona dan Real Madrid. Meski begitu, di kompetisi domestik Buffon terbilang pemain yang sukses karena berhasil memenangkan 10 gelar bersama Juventus.

Pemain belakang:
Lilian Thuram, Laurent Blanc, Fabio Cannavaro, Gianluca Zambrotta

Lini belakang Starting XI ini diisi oleh nama-nama klasik yang mungkin melekat dengan para penggemar sepak bola di era 1990an-2000an. Fabio Cannavaro bahkan pernah mendapatkan gelar Ballon d’Or dan memenangkan Piala Dunia bersama Italia. Namun dirinya selalu gagal meraih gelar paling bergengsi di tingkat klub seperti Liga Champions.

Lini tengah:
Michael Ballack, Lothar Matthaus, Pavel Nedved

Sama seperti Cannavaro, Pavel Nedved pernah meraih gelar Ballon d’Or atas performa gemilangnya bersama Juventus. Sayangnya, gelandang yang punya ciri khas rambut pirang ini gak pernah berhasil mengantarkan Juventus meraih posisi puncak di ajang paling bergengsi sepak bola antar klub Eropa itu.

Lini serang:
Zlatan Ibrahimovic, Gabriel Batistuta, Ronaldo Nazario

Layaknya Cannavaro, Ronaldo Nazario juga pernah merasakan gelar paling bergengsi di tingkat individu dan bersama tim nasional. Pernah meraih Ballon d’Or dan Piala Dunia gak lengkap rasanya buat Ronaldo karena dirinya belum pernah berhasil mendapatkan gelar paling bergengsi di tingkat klub. Beda kasusnya dengan Zlatan, dirinya bisa dibilang sukses di tingkat klub dan pernah juara kompetisi Eropa bersama Manchester United. Tapi gelar tersebut adalah gelar Europa League yang dianggap sebagai kasta kedua dibandingkan dengan Champions League.banner-ads



Kalau semuanya masih main dan ada dalam 1 tim, kira-kira bisa jadi juara gak ya?