Saat pertama kali dilaksanakan menggunakan format Liga Champions pada 1992/1993, udah banyak kejutan dan drama yang terjadi dalam perhelatan kompetisi paling elit klub Eropa tersebut. Memenangkannya adalah sebuah kebanggaan yang besar buat setiap klub.

Di setiap musimnya, ada saja yang memberikan kejutan untuk mewarnai jalannya liga. Seperti musim kemarin, siapa yang menyangka bahwa Tottenham baka menghadapi Liverpool di final walaupun akhirnya kalah? Lillywhites jadi salah satu tim yang mengerikan musim itu. Atau musim ini dimana Liverpool secara mengejutkan kalah di Anfield oleh Atletico Madrid dan harus terlempar dari babak knockout Liga Champions.

Dari semua tim yang pernah juara, manakah tim terbaik? Gue bakal mengumpulkan beberapa tim dan membaginya jadi 4 kategori, yaitu overrated, beruntung, luar biasa, dan terbaik.

Juara yang overrated

AC Milan (1993/1994) dan Manchester United (1998/1999)

Well, overrated bukan berarti buruk, Bro. Fakta bahwa mereka juara Liga Champions membuktikan bahwa di satu sisi mereka adalah tim yang hebat. Tapi ada beberapa faktor yang membuat kedua tim ini jadi kurang impresif dibandingkan tim-tim lainnya.

AC Milan pada musim itu mungkin adalah tim dengan permainan paling membosankan sepanjang sejarah. Gimana enggak Bro? Mereka juara Serie-A cuma dengan 36 gol dan cuma mencetak 6 gol di fase grup Liga Champions.banner-ads

MU sendiri jadi tim dengan persentase kemenangan paling rendah di kompetisi tersebut dibandingkan dengan juara-juara lainnya.

Beruntung

Porto (2003/2004), Liverpool (2004/2005), dan Chelsea (2011-202)

Kalau lo bicara keberuntungan di Liga Champions, tiga nama tersebut bakal jadi fokus utama. Porto yang saat itu dilatih Jose Mourinho secara mengejutkan mampu melaju mulus ke final dan jadi juara. Momen juara ini juga yang menaikkan pamor Mou dan membuatnya dilabeli julukan The Special One.

Final di Istanbul tahun 2005 adalah sejarah yang luar biasa buat Liverpool. Bagaimana tidak, di babak pertama mereka kalah 3-0 dari AC Milan, berhasil menyamakan kedudukan dan menang di babak adu penalti. Sebuah keberuntungan yang luar biasa.

Chelsea pada musim 2011/2012 dikenal sebagai tim parkir bus karena pertahanannya yang luar biasa. Momen keberuntungan mereka dimulai ketika Fernando Torres berhasil mencetak gol kemenangan melawan Barcelona di Camp Nou. Lalu pada laga final, melalui pertandingan yang sangat ketat mereka berhasil menang adu penalti melawan Bayern di Allianz Arena.

Juara yang luar biasa

Real Madrid (2015/2016, 2016/2017, 2017/2018), Liverpool (2018/2019), Manchester United (2007/08), Bayern Munchen (2012/2013)

Bayern Munchen pada musim 2012/2013 adalah monster Eropa. Mereka berhasil mengalahkan Barcelona dengan agregat 7-0 di babak knockout, dan Juventus dengan masing-masing 2-0 di setiap leg. Mereka juga mampu balas dendam dalam laga derby di final melawan Borussia Dortmund asuhan Jurgen Klopp yang saat itu juara  Bundesliga.

Real Madrid juga jadi tim yang tak terhentikan setelah dipimpin oleh Zidane. Legenda timnas Prancis itu berhasil mematahkan mitos bahwa tim juara UCL gak bakal mampu juara di musim selanjutnya. Bahkan Zidane menambah lagi gelar UCL Real Madrid musim selanjutnya dengan juara tiga kali berturut-turut.

Juara terbaik

Barcelona (2008/2009 dan 2010/2011)

Mungkin Real Madrid pernah juara tiga kali berturut-turut, tapi orang-orang gak bakal melupakan performa luar biasa Barcelona di bawah Pep Guardiola dalam beberapa musim. Bahkan di salah satu musim tersebut mereka berhasil memenangkan 6 trofi sekaligus dalam satu musim.

Yang hebat dari tim ini adalah kebanyakan dari pemain mereka ada di dua laga final tersebut. Bahkan uniknya lagi dalam kedua final itu Barcelona sama-sama mengalahkan Manchester United yang tampil luar biasa di Premier League. Mereka juga hampir bisa juara tiga kali berturut-turut kalau pada musim 2009/2010 mereka tidak kalah dari Inter Milan di laga semi final.

Kalau menurut lo sendiri, mana tim terbaik yang pernah menjuarai UCL, Bro?