MotoGP musim 2021 bakal segera dimulai, kembalinya Marc Marquez dan kedatangan beberapa rider baru bikin musim ini jadi makin menarik. Test pramusim di Qatar pun memberikan banyak kejutan.

Salah satunya adalah bagaimana Ducati mendominasi catatan top speed dan total akumulasi waktu. Johann Zarco bahkan mencetak sejarah dengan mencatatkan top speed tertinggi sepanjang sejarah kelas MotoGP dengan lebih dari 357 km/jam.

Rookie yang mencuri perhatian tahun lalu, Fabio Quartararo sendiri tidak begitu menonjol di sesi latihan Qatar. Meski begitu, Yamaha terpantau jadi saingan ketat Ducati di hasil catatan pada sesi latihan tersebut.

Pembalap asal Prancis itu pun mengungkapkan kekhawatirannya terhadap Ducati.banner-ads


Dirinya makin cemas untuk bersaing dengan Ducati di lintasan lurus. Motor asal Italia itu emang terkenal punya akselerasi dan top speed yang luar biasa sehingga menguntungkan mereka di lintasan minim tikungan. Sedangkan karakter motor Yamaha yang dikendarai oleh Quartararo adalah motor yang punya keuntungan saat tikungan.

Sejak lama, motor Yamaha emang dikenal punya kemampuan lebih saat berbelok. Itulah kenapa Rossi selama ini dikenal sebagai pembalap yang jago nikung.

Meski begitu, Quartararo merasa optimis bahwa Yamaha bakal unggul di beberapa sirkuit seperti Jerez dan Le Mans. Dirinya yakin bisa mengungguli kecepatan Ducati di sirkuit tersebut.

Quartararo juga merasa senang dengan pengalaman di tim pabrikan. Pasalnya sang rider bisa memberi masukan terhadap para engineer untuk pengembangan motor mereka. Berbeda dengan tim satelit yang hanya bisa menunggu spek ‘warisan’ tim pabrikan di tahun berikutnya.