Sampai sekarang Federal jadi salah satu sepeda yang masih banyak dicari. Tapi masalahnya demand yang tinggi nggak disertai barang yang melimpah.banner-ads

Ya mungkin aja ada beberapa frame atau bahkan fullbike Federal di pasaran, tapi mungkin barangnya nggak seger. Jadi frame Federal yang asli dan oke wujudnya pasti dipatok tinggi harganya.

Cuma masalahnya harga mahal nggak jaminan frame Federal pasti asli. Lo juga haru jeli. Sekarang banyak banget replika frame Federal yang mirip aslinya.

Baca Juga: Cara Paling Aman Gembok Sepeda





Cat sama sekali bukan patokan buat nunjukin frame Federal itu asli atau nggak. Yang masih mulus bisa saja repaint dan yang kusam belum tentu asli.

Cara paling gampang buat ngecek frame Federal ya dari las-lasannya. Sepeda ini punya karakter las yang rapi di bagian sambungannya.

Selanjutnya juga posisi nomor seri ada di tiga posisi berbeda tergantung tipenya, mulai dari tube paling bawah yang menghadap ke aspal, di sebelah kiri seat tube dekat FD atau juga di headtube bagian belakang.

Seri ini juga macam-macam artinya, mulai dari Mount Everest, Flamingo, Cosmo, Muddy Cat Ultra, X-Cross dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya lo bisa cek ke situsnya MTBFederal.com.



Frame Federal juga punya seat stay yang runcing di bagian ujung dan menempel ke seat tube samping. Pipa seat tube bagian atas juga biasanya meruncing.

Ciri selanjutnya ada di bagian pegangan rem belakang ada bracket untuk pasang rear rack.

Terakhir, biasanya stiker atau decal-nya bertuliskan Cycle2000 dan PT Federal Cycle Mustika.