Komisi disiplin Rally Dakar mengeluarkan peringatan publik kepada kru Mini, Vladimir Vasilyev dan Vitaly Yevtyekhov atas dugaan penggunaan 'forbidden roadbook annotations' selama edisi 2020. Mereka berupaya untuk menindak apa yang dianggap sebagai alat bantu navigasi ilegal.banner-ads

Vasilyev dan Yevtyekhov tertangkap kamera menggunakan catatan tambahan dan kemudian membuangnya keluar dari mobil, dan karenanya telah melanggar pasal 22P4.3 peraturan Dakar. Isi aturan itu adalah melarang kru melengkapi buku pedoman dengan materi tambahan.



Vasilyev lantas harus cabut lebih awal dari ajang 2020 selama tahap ketiga pekan lalu, setelah mobil Mini John Cooper Works Rally terbakar. Tidak ada penalti berarti yang dapat diberikan untuk edisi tahun ini, meskipun pasal 22P4 .3 menyebutkan sanksi yang mungkin adalah sampai pada diskualifikasi.

"Para Steward telah diberi tahu oleh Koordinator Teknis rapat umum bahwa kamera video yang dipasang di kendaraan No. 317 telah menangkap gambar para krunya menggunakan anotasi buku jalan yang dilarang, sebelum melemparkan keluar dari jendela kendaraan satu-per-satu," tulis pernyataan itu.

Vasilyev menyelesaikan kelima karir tertinggi di Reli Dakar pada 2015. Ketika itu, ia mengklaim kemenangan. Ia memenangkan gelar dunia FIA Cross-Country 2014 dan Afrika Eco Race 2017 dengan Mini.