Dunia MotoGP dikejutkan dengan berita pensiunnya Jorge Lorenzo dari ajang balap motor paling bergengsi itu. Pada Kamis, 14 November jam 3 sore waktu Spanyol, pembalap berjuluk X Fuera itu bikin konferensi pers tentang keputusannya untuk pensiun.

banner-ads

Berarti, konferensi pers ini diadakan cuma beberapa hari sebelum ajang balap GP Valencia. Balap kali ini bakal jadi balap terakhir buat rekan satu tim Marc Marquez ini.

Di usia yang baru 32 tahun, rasanya masih agak dini buat Lorenzo untuk memutuskan pensiun. Sayangnya cedera yang dialaminya dan rangkaian hasil buruk bersama Honda bikin pembalap bernomor 99 ini membulatkan niatnya untuk pensiun.

Lorenzo bukan satu-satunya pembalap MotoGP yang dianggap pensiun terlalu dini. Nih Bro, 3 pembalap lain yang pensiun dini dari MotoGP.

 

Casey Stoner

Casey Stoner adalah pembalap brilian dari Australia. Stoner pernah juara MotoGP 2 kali bersama dua pabrikan motor yang berbeda, yaitu Honda dan Ducati. Sayangnya, di usia 29 tahun pada akhir 2012 lalu Stoner memutuskan untuk pensiun dini dari dunia MotoGP. Alasan utama dari keputusannya pensiun adalah pendapatnya tentang MotoGP yang udah gak “menggairahkan” buat dirinya seperti dulu. Ditambah, Stoner mengakui ingin punya waktu lebih bersama keluarganya.

 

Dani Pedrosa

Pedrosa mungkin bukan pembalap yang dielu-elukan karena gelar juara dunia yang dia miliki. Mantan rekan satu tim Stoner saat di Honda ini belum pernah dapet gelar juara MotoGP sama sekali. Sepanjang karirnya, Pedrosa baru bisa mencapai runner-up di akhir musim pada tahun 2007, 2010, dan 2012. Meski begitu, Pedrosa dianggap pesaing yang sengit dan gak jarang dipuji lawan-lawannya. Pedrosa juga mungkin jadi salah satu rider yang gak punya haters dan gak pernah bersinggungan dengan pembalap lain.

 

Ben Spies

Nama Ben Spies mungkin terdengar asing buat sebagian dari lo. Tapi, nyatanya Spies adalah salah satu pembalap top asal Amerika Serikat. Pada tahun 2009, dirinya menjuarai ajang balap World Superbike. Lalu, pada musim balap 2010, dirinya pindah ke ajang MotoGP dan masuk tim Yamaha Tech 3 menggantikan James Toseland. Pada tahun 2011, dirinya pindah ke Ducati buat ngisi tempat kosong yang ditinggalkan Valentino Rossi. Setahun berselang, dirinya kembali pindah ke tim Pramac Ducati. Sayangnya karena cedera bahu yang dialami dan hasil buruk yang sering diterimanya, Ben Spies memutuskan untuk pensiun pada tahun 2013 lalu.

Sayang banget ya Bro, Jorge Lorenzo mutusin buat pensiun cuma beberapa hari sebelum race terakhirnya. Padahal, sebelum memutuskan untuk pensiun ini Lorenzo baru aja mecahin rekor sebagai pembalap termuda yang mencapai 200 balapan.

Gak lama setelah keluar dari Honda, posisi Lorenzo digantikan oleh adik sang rekan satu tim, Alex Marquez. Menurut lo, bakal gimana kiprah duo Marquez di MotoGP musim depan?