Dalam beberapa minggu terakhir, promotor MotoGP Dorna Sports mengumumkan paket bantuan keuangan 9 juta Euro yang akan diluncurkan selama tiga bulan untuk semua tim MotoGP independen dan KTM, serta semua tim Moto2 dan Moto3.
Asosiasi produsen MotoGP (MSMA) juga telah mengadakan pertemuan dalam beberapa minggu terakhir untuk membahas ide-ide penghematan biaya yang potensial, dengan pembekuan pengembangan yang sudah disepakati berbagai pihak.
Secara resmi, berbagai pengembangan musim ini dilarang dan semua pabrikan akan memulai musim 2021 dengan menggunakan mesin dan fairing aero yang dihomologkan pada awal tahun ini.
Setelah musim 2021 berlangsung, aturan pengembangan normal akan berlaku. Itu berarti pabrikan non-konsesi (Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki) tidak bisa mengembangkan mesin selama tahun ini. Satu yang diizinkan hanya pembaruan fairing aerodinamis.
Selama pertemuan MSMA, Ducati mengusulkan gagasan untuk mengurangi jumlah motor per pengendara dari dua menjadi satu dalam upaya untuk memotong biaya lebih lanjut. Tetapi Motorsport.com mengetahui bahwa ide itu ditolak oleh lima pabrikan lainnya.