Bratstyle Valkyrie, Kekar dan Ringkas

LAZONE.ID - Mengubah motor monster dari Honda jadi sesuatu yang elegan

Honda Valkyrie mungkin bukan motor yang umum didengar dan dibahas dalam dunia modifikasi. Motor ini punya kelas tersendiri sebagai sebuah cruiser kelas berat layaknya Harley Davidson Electra Glide. Dengan mesin 1520 cc, motor ini tentu aja merupakan sebuah monster yang bisa melibas jalanan manapun dengan tenang.

Tapi kalau lo melihat tampilan bawaan pabrik dari motor ini, rasa-rasanya gak bakal begitu banyak orang yang menyukainya begitu saja. Ukuran yang bongsor dengan bodywork yang lebar bikin motor ini kelihatan kurang menarik buat banyak orang.

Karena itulah Basan Metalworks yang berbasis di Washington, Amerika Serikat merombak monster satu ini dengan tampilan bratstyle yang elegan.


Mereka memangkas frame yang memanjang di bagian belakang dan menempa kembali subframe yang lebih ringkas untuk memasangkan jok custom di atasnya. Jok custom ini jauh lebih pendek dari bawaan pabrik yang bahkan menutupi sebagian dari tail. Tangki bensin berukuran jumbo bawaan pabrik juga diganti dengan yang berukuran lebih kecil untuk tampilan yang sedikit lebih slim. Di bagian belakang juga terpasang satu set shock yang lebih panjang 4 inch dari bawaan pabriknya. Hal ini bikin posisi berkendara jadi sedikit lebih tinggi demi menopang model jok custom yang lebih pendek.

Bagian jok dan tangki bensin ini dibalut oleh cover yang terbuat dari material kulit premium yang diproduksi oleh Horween Leather. 


Warna coklat gelap dari kulit premium tersebut dipadukan dengan aksen brass di berbagai bagian body dan frame bikin motor ini kelihatan makin elegan.

Secara total, berbagai pemangkasan yang dilakukan Basan Metalworks pada motor ini mampu mengurangi beratnya dari 327 kg jadi 231 kg. Masih tergolong sangat berat, tapi mengingat motor ini adalah sebuah super-heavyweight cruiser, bobot tersebut jadi terdengar ringan.

Hasil akhirnya adalah sebuah motor yang kelihatan lebih elegan dan terkesan kekar meski ukurannya dibuat lebih ringkas.