Citarasa Balapan Klasik Honda XBR500

LAZONE.ID - Gak cuma tampilan, performanya juga balapan banget!

Tahun 1985 lalu, Honda meluncurkan XBR500 buat menyaingi motor 500cc dari Yamaha, SR500. Motor ini bisa dibilang cukup sukses pada masanya dan jadi motor favorit di beberapa region dan juga di kelasnya. Tampilan yang sporty bikin masih banyak orang memburunya hingga saat ini.

Mereka biasanya memburu XBR500 untuk direstorasi, atau dimodifikasi total. Seperti yang dilakukan oleh Pepo Rosell dari XTR Pepo ini. Dirinya merombak sebuah XBR500 tahun 1990 jadi motor balap dengan citarasa klasik yang kental.

Pepo menamai motor ini dengan Imatra, terinspirasi dari sirkuit GP di era 50an-70an di Finlandia.


Lumayan banyak yang dilakukan oleh Pepo pada motor ini. Salah satu yang paling menonjol adalah bagian subframe di belakang dengan ukuran lebih compact.

Pepo membuat motor ini jadi punya jok single-seat dengan bagian tail mengotak supaya lebih mirip motor balap. Subframe dipangkas dan dibentuk ulang untuk mendapatkan bentuk tersebut.

Untuk penampilan pada body, XTR Pepo mendesain semuanya, termasuk dengan tangki bensin yang mereka modifikasi. Fairing balap tersebut didesain langsung oleh XTR Pepo dan tangki bensinnya adalah hasil modifikasi dari Yamaha TZ250.


Untuk urusan performa, Pepo juga gak main-main dalam merombak motor ini. Dirinya meningkatkan performa XBR500 dengan melakukan bore-up pada mesin menjadi 600cc. Penambahan 100cc tersebut didukung oleh gearbox baru dan juga piston kompresi tinggi dari Wiseco.


Hasilnya motor ini gak cuma punya citarasa balapan pada tampilannya, tapi juga pada performa yang mengalami peningkatan lumayan signifikan.