Desert Fox, Scrambler Penakluk Jalanan Eropa

LAZONE.ID - Jadi bisa di segala medan

Dahulu, motor scrambler hanyalah sebatas motor jalanan yang mendapat sedikit perubahan untuk digunakan di daerah gurun. Ini membuat banyak orang lebih memilih motor semacam Honda CX500 atau Kawasaki W650 yang merupakan motor roadster dan mengganti rodanya dengan roda trail.

Tapi Bro, dalam beberapa tahun belakangan ada tren yang bikin banyak modifikator yang menggunakan motor trail untuk membuat scrambler. Tujuannya gak lain adalah supaya mereka lebih mudah mendapatkan bentuk yang mereka mau. Salah satu model yang cocok dijadikan Scrambler adalah Honda XR650L. Contohnya kayak motor yang dinamai Desert Fox ini, Bro.



Namun scrambler yang dibangun oleh Arpi Bonzi dari Mokka Cycles yang berlokasi di Budapest, Hungaria ini menyesuaikan motornya untuk kondisi jalan Eropa. Salah satunya adalah pada roda yang biasanya menggunakan roda depan jauh lebih besar. Arpi mengganti roda 21 inch yang ada dengan roda 19 inch, supaya terlihat lebih seimbang dengan roda belakang yang berukuran 18 inch.

Dengan itu, bagian front forks juga dibikin sedikit lebih pendek dari biasanya untuk mendapatkan posisi berkendara yang nyaman di jalanan kota dan jalanan aspal Eropa. Untuk suspensi bagian belakang dirinya mengganti bagian tersebut dengan sepasang unit YSS Piggyback.



Pada bagian body, Arpi menggunakan subframe baru yang cocok dengan jok buatan Mokka Cycles yang akan terpasang di atasnya. Dirinya juga menggunakan tangki bensin klasik dari motor Honda untuk menggantikan tangki bensin bawaan pabrik.

Di bagian mesin Arpi mengganti aribox yang ada dengan K&N air filter dan membuat sendiri sistem pembuangan 2 into 1 yang terbuat dari stainless steel.

Hasilnya, scrambler ramping penakluk gurun ini kini digunakan untuk menaklukan jalanan Eropa.