Honda Bawa Winglet Ke Motor Jalanan

LAZONE.ID - Ada beberapa terobosan yang dilakukan demi mengejar motor terbaik.

Perangkat aero telah menjadi bagian intrinsik MotoGP selama beberapa tahun ke belakang. Seperti halnya dengan teknologi yang menurun kelas atas, kita sekarang mulai melihat aero winglets di motor jalanan.

Honda sepertinya akan memulai terobosan dari sisi aerodinamis. Ada motor sport baru yang kabarnya seri CBR1000RR dibuat aero fairing.

Kita harus menunggu untuk mengetahuinya dengan pasti, tapi patennya mengungkapkan mesin itu adalah empat silinder segaris dengan kapasitas 1000cc. Sayangnya motor itu bukan V4 superbike yang begitu diidamkan.

Dari gambar, kita dapat dengan jelas melihat winglet bukan item gaya eksternal seperti yang terlihat pada Ducati Panigale V4R. Sebagai gantinya, winglet merupakan bagian integral dari fairing.



Dengan dua winglets di setiap sisi aktif karena bisa berubah ketika mode berkendara tertentu dipilih. Aero aktif bisa digunakan saat motor membutuhkan sedikit tambahan beban front-end, di bawah pengereman yang keras, akselerasi atau tikungan cepat.

Yang sangat menarik tentang sistem ini adalah bagaimana Honda berencana untuk mengerahkan sayapnya. Setelah sayap tidak lagi dibutuhkan, servo kecil akan menegangkan kabel yang terpasang di tepi belakang sayap, menariknya kembali ke fairing dan keluar dari aliran udara.

Wings juga bisa menjadi bagian dari proyek homologasi bagi Honda untuk membantu mereka menjadi yang teratas dalam seri balapan seperti WSBK dan BSB.