Honda CBX Dengan Suspensi Satu Sisi

LAZONE.ID - Sistem suspensi yang unik bikin proses pembuatannya jadi rumit

Honda CBX 1000, motor 6 silinder dengan mesin monster yang mulai meluncur di jalanan tahun 80an lalu adalah motor sport yang pesonanya gak bisa diragukan lagi. Meski tampil dengan gaya khas 80an seperti jok yang memanjang ke belakang, motor ini tetap digemari hingga beberapa dekade setelahnya.

Reinoud yang berasal dari Belanda meminta bantuan WiMoto untuk membuat sebuah upgrade pada tampilan motor ini. Ada sedikit cerita sedih dimana CBX 1000 ini merupakan milik teman Reinoud yang menderita kanker. Reinoud mengaku berjanji bakal memelihara motor ini, mengubahnya jadi lebih keren, dan gak bakal pernah menjualnya.

Motor Honda yang udah kelihatan kekar sejak awal ini diubah jadi sebuah motor cafe racer dan tampil menawan dengan body kekar dan one sided suspension yang unik.

Ada proses yang rumit di belakang pembuatan tampilan unik tersebut.


WiMoto ingin membuat motor ini dapat melaju bebas di jalan raya, bukan berakhir sebagai motor pajangan.

Kebanyakan waktu dari modifikasi motor ini dilakukan dengan mendesain dan melakukan simulasi pada desain tersebut secara digital. Ini berkaitan dengan suspensi satu sisi yang ada di bagian depannya. Seperti yang lo tau, bagian depan motor biasanya disangga dengan forks yang menyangga roda di bagian kanan dan kiri. Nah motor satu ini cuma ditopang di bagian kirinya.

Gak cuma bagian forks, suspensi satu sisi ini juga berlaku pada bagian swing arm yang sama-sama menopang bagian kiri. Hal tersebut bikin Honda CBX 1000 ini punya tampilan yang unik di kedua sisinya.


Salah satu hal yang jadi fokus utama WiMoto untuk motor ini adalah memperkuat frame motornya. Ini perlu dilakukan untuk menahan daya yang datang dari suspensi satu sisi yang ada di bagian depan dan belakang. Suspensi yang cuma satu sisi ini emang bikin tekanan pada frame motor lebih besar datang dari satu titik.

Untuk urusan body, gak banyak yang dilakukan dalam mengubahnya. Reinoud mendapatkan motor ini dengan kondisi yang udah dimodifikasi lebih dulu. Dirinya cuma ingin menerapkan beberapa update dan upgrade supaya motornya tampil lebih modern.

Seperti bagian tail dan jok, WiMoto sedikit memangkas bagian belakang yang bikin joknya tampil lebih pendek. Dirinya menggantikan bagian jok yang dipotong itu dengan tampilan sebuah tail ala cafe racer.

Pada bagian roda, WiMoto menggunakan sepasang roda berukuran 18 inch yang terpasang dengan hub motor BMW R 1200 GS. Hal unik lainnya adalah roda depan motor ini menggunakan bearing dari roda mobil VW Golf serta roda bagian belakang menggunakan bearing Honda VFR750.


Setelah melalui proses yang rumit, WiMoto akhirnya bisa membuat motor milik Reinoud ini jadi sebuah motor jalanan yang tampil unik.