Honda Dominator Jadi Scrambler Jangkung

LAZONE.ID - Motor yang siap melintasi medan apapun

Ketika merilis Honda Dominator NX650, mungkin brand otomotif Jepang ini gak menyangka ini motor satu ini bakal jadi favorit buat para modifikator di berbagai penjuru dunia.

Punya performa  dengan tenaga 36 horsepower yang solid, urbanized trail satu ini adalah hasil upgrade supaya banyak penggunanya yang bisa berkendara di segala medan.

Ketika banyak orang yang membuat motor ini jadi sebuah city bikes dengan posisi riding yang lebih pendek, Bruno Ferreira membuatnya jadi lebih jangkung dari sebelumnya. Ini membuat motor tersebut punya citarasa petualangan yang sangat kental.

Bruno yang tinggal di Porto, Portugal ini membeli sebuah NX650 Dominator yang rilis tahun 1998 sebagai dasar modifikasinya. Untuk mewujudkan motor tersebut dirinya meminta bantuan pada tiga orang teman.


Untuk mendapatkan postur yang jangkung seperti terlihat pada foto, Bruno dan teman-temannya langsung melakukan upgrade pada bagian kaki-kaki. Bagian suspensi juga jadi salah satu target utama dalam modifikasi ini.

Forks bawaan pabrik di bagian depan dilepas dan diganti oleh sepasang forks model upside down berukuran 47mm dari Kayaba. Shock breaker pada bagian belakang, dirinya menggunakan unit dari Ohlins dengan ukuran 470mm.


Sementara itu untuk urusan roda, Bruno gak mengganti roda bawaan Dominator dari pabrik yang udah terpasang, tapi dirinya mengganti ban yang membalut roda tersebut dengan Mitas E90.

Gak cuma itu, Bruno juga mengganti tangki bensin bawaan NX650 dengan sebuah tangki dari Honda CG125 yang membuatnya terlihat lebih ramping dan ringan karena ukurannya yang lebih kecil. 

Bagian subframe pun mendapat sedikit perombakan untuk menyesuaikan jok custom yang terpasang di atasnya. Jok tersebut dibalut dengan warna coklat muda yang elegan, berpadu dengan finishing berwarna doff yang terlihat kalem.

Untuk urusan performa mesin, Bruno gak banyak melakukan upgrade. Dirinya cuma mengganti sistem pembuangan dengan knalpot berbahan dasar aluminium dan memasangkan filter pada karburatornya.