Honda Goldwing Jadi Cafe Racer Jumbo

LAZONE.ID - Masih kelihatan bongsor, meskipun jadi sedikit lebih compact daripada bentuk asli Goldwing.

Goldwing GL adalah produk motor touring dari Honda yang punya mesin jumbo. Pertama diperkenalkan tahun 1974, motor ini langsung jadi model yang populer di pasaran Amerika Utara, Eropa Barat, Australia, dan Jepang sebagai tempat asalnya.

Goldwing bisa dibilang emang merupakan sebuah motor kelas berat. Gak cuma karena mesinnya yang berkapasitas 999 cc, tapi berat motor ini juga ada di kisaran 272 kg dalam keadaan tangki bensin kosong. 

Sebagai motor touring bermesin besar, emang udah wajar kalau motor ini punya tenaga yang juga gahar. Karena itulah Mark Nevitt dari Inggris ingin mengubahnya jadi sebuah cafe racer.

Cafe racer biasanya punya body yang terbilang ramping walaupun mesinnya jumbo. Tapi karena Goldwing yang dasarnya punya body bongsor seperti HD Electra Glide, cafe racer ini hadir dengan tampilan yang unik.


Mark menggunakan Honda Goldwing GL1000KZ yang dirilis tahun 1979.

Untuk menjadikannya motor yang punya performa balap, Mark melakukan upgrade pada bagian mesin. Dirinya menambahkan sebuah supercharger untuk memberikan mesinnya tarikan ekstra ketika dipacu dalam berbagai kondisi.

Memasangkan supercharger ini membuatnya harus merombak frame bawaan yang ada. Di bagian bawah, ada sebagian dari frame yang harus dipangkas dan sedikit diubah dengan membentuknya di spot yang lain supaya tetap bisa menopang beban yang ada.

Yang unik ada pada bagian knalpot. Soalnya, sistem pembuangan mesin ini bisa dibilang menyatu dengan bagian swing arm. Lalu bagian muffler bermodel ganda diarahkan ke samping kanan.

Tangki bensin juga harus mengalami cukup banyak modifikasi untuk meminimalisir panas yang datang dari supercharger pada mesin di bawahnya.

Bagian belakang mengalami pemangkasan yang cukup besar. Ekor dan juga jok dibuat lebih meruncing dengan lampu LED yang terdapat di bagian dalamnya. Posisi jok juga dibuat sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan feel dan posisi riding racing layaknya sebuah cafe racer.