Honda Monkey Dirombak dengan Gaya Klasik

LAZONE.ID - Jadi gagah walaupun mempertahankan ukurannya yang mungil

Honda Monkey mungkin merupakan motor unik yang populer di antara para bike enthusiast. Tapi tentu aja motor mungil dari pabrikan asal Jepang ini gak begitu populer untuk penggunaan sehari-hari.

Motor mungil dengan mesin 125cc ini emang punya penggemarnya sendiri. Kebanyakan dari mereka yang membeli Monkey menyukainya karena bentuk yang unik.

Bentuk unik ini gak bikin para pemiliknya berhenti dan membiarkan Monkey dengan tampilan bawaan pabrik. Seperti seorang pemesan untuk Bunker Custom dari Turki yang ingin Honda Monkey miliknya punya tampilan klasik dengan citarasa elegan.


Meski motor mini, Monkey punya posisi handlebar yang cukup tinggi. Ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para pengendaranya.

Namun pemilik Monkey satu ini ingin tampilan retro dan sedikit punya ‘feel’ berkendara ala cafe racer. Untuk itulah Bunker memangkas bagian fork dan memasang handlebar dengan posisi yang lebih rendah.


Demi mendapatkan posisi riding yang lebih rendah Bunker juga harus mengganti rodanya. Mereka kini menggunakan sebuah velg dengan roda jari-jari berukuran 12 inch. 

Elemen visual adalah salah satu hal penting dalam hal membuat motor punya tampilan klasik.

Setelah sedikit mengubah bagian subframe, Bunker memasangkan jok berlapis kulit dengan warna coklat pekat. Di bagian samping mereka menambahkan tas khusus dengan aksen warna yang sama untuk tampilan klasik yang lebih kental. 


Untuk urusan performa mesin, mereka menyingkirkan airbox berukuran besar bawaan pabrik dan memasangkan EFI unit yang melakukan tuning secara otomatis terhadap mesinnya. Menurut Bunker, unit EFI ini memberikan sedikit dorongan pada mesin 125cc-nya yang udah terkenal bandel.