Honda Monkey ini Berevolusi Jadi “Gorilla”

LAZONE.ID - Jadi garang, Bro.

Lo pasti udah sering atau seenggaknya pernah liat sebuah motor yang dimodifikasi jadi lebih garang? Melakukan modifikasi emang jadi cara tersendiri buat dapetin motor yang diinginkan. Kadang, seseorang suka dengan sebuah motor, tapi ngerasa kurang puas dengan bentuk asli keluaran pabriknya.

Begitupun yang dilakukan oleh K-Speed, bengkel modifikasi asal Thailand. Selain punya bengkel modifikasi, K-Speed juga merupakan salah satu supplier spare part aftermarket terbesar di Thailand. Jadi gak heran kalau mereka punya banyak stok barang dan ide buat disalurkan.

Salah satu karya mereka yang terbaru adalah motor yang satu ini Bro. Mereka menyulap Honda Monkey jadi sebuah “mini cafe racer”.

Ide menyulap Honda Monkey ini datang dari bos K-Speed ini sendiri, Eak. Dirinya mengaku cinta pada motor tersebut karena tumbuh dewasa mengendarai motor tersebut.

Eak menggunakan Monkey 2019 sebagai dasar untuk modifikasinya. Proyek yang dilakukannya ini bukan pesanan customer Bro, tapi merupakan proyek internal K-Speed buat nyobain konsep baru, berhubung mereka juga bikin part baru buat Honda Monkey 2019 ini.

Hal yang pertama kali terlihat dari modifikasi ini adalah bentuk rodanya yang lebar dan tebal. Rodanya berukuran 14 inch dengan ban khusus untuk Honda Grom. Roda yang besar ini bikin Honda Monkey yang mungil jadi kelihatan kekar.

Mungkin inilah kenapa Eak menamai motor ini dengan Gorilla Racer. Soalnya, Monkey yang seharusnya punya roda kecil dan bodi yang mungil, jadi terlihat kekar dengan modifikasi yang diterapkan.

Mereka membuat fork bagian depan lebih rendah supaya memberikan feel “racing” yang lebih kuat pada motor ini. Begitupun dengan sub frame-nya yang dibikin lebih rendah. 

Untuk bodywork, K-Speed banyak menggunakan bahan plastik ABS untuk bagian bagian seperti tangki bensinnya. Bagian penutup tangki bensinnya tersebut diganti dengan menggunakan gaya racing.

Buat nambah garang “wajah” Gorila ini, K-Speed memasangkan headlamp dengan ukuran besar. Headlamp berukuran 6,5 inch tersebut dipasangkan dengan bracket yang juga hasil custom.

Buat performa, gak ada yang diubah dari mesin bawaan pabriknya.

Gimana ya rasanya naikin motor ini? Walaupun gak ada penambahan performa, sensasinya pasti unik dengan konsep mini racer yang dibawanya.