‘Mini MotoGP’ Gabungkan Konsep Retro-Modern

LAZONE.ID - Gak cuma keren, performanya emang terkenal sangat mumpuni

Apakah lo pernah mendengar nama Honda Hawk?

Mungkin banyak yang asing dengan nama Honda Hawk, sebutan dari lini Honda NT650 karena di pasar Asia, seri CB dan CBR lebih populer untuk segala urusan. Namun Honda NT650 adalah sebuah motor bermesin garang yang gak bisa diremehkan. Motor silinder ganda dengan kapasitas mesin 647 cc ini adalah motor Honda kedua yang menggunakan sistem suspensi “Pro-Arm”.

Honda NT650 ini dipilih oleh Todd Prust dari Analog Motorcycles untuk proyek selanjutnya yang ia kerjakan. Analog Motorcycles sendiri adalah sebuah bengkel modifikasi super sibuk di Amerika Serikat. Bengkel yang tetap sibuk melayani pesanan walaupun selama beberapa bulan belakangan dilanda krisis pandemi.

Pilihan Tony jatuh kepada Honda Hawk GT NT650 rilisan tahun 1988.



Karena pemesan menginginkan sebuah motor yang serba hitam, ada pekerjaan ekstra yang harus dilakukan oleh Tony. Bagian tersulit untuk diwarnai serba hitam adalah komponen yang tampak di luar pada bagian mesin. Dirinya harus membongkar semua komponen tersebut dan mewarnainya dengan teknik powder coating satu persatu dan memasangkan semuanya kembali seperti semula.

Untuk mempertahankan kesan retro 80an, Tony tetap menggunakan tangki bensin NT650 yang original. Lekukan membundar khas era tersebut masih terlihat jelas pada motor yang dijuluki olehnya sebagai ‘Mini MotoGP’ ini.

Bagian body yang mendapatkan perombakan adalah subframe yang dimodifikasi dan tersambung dengan bagian tail yang terdiri dari 5 panel. Bagian tail yang terlihat punya lengkungan mulus ini menempatkan lampu LED di bagian tengahnya.

Lengkungan body dari bagian tangki bensin hingga belakang ini bersatu padu dengan jok yang melekat di antara keduanya.



Kesan futuristik pun bisa lo lihat di bagian depan dengan penggunaan fairing. Lampu LED disusun secara vertikal dengan cover yang punya lekukan tegas.

Untuk kesan sporty yang tetap menonjol, Tony menggunakan sepasang roda aluminium berukuran 17 inch dari motor Honda RC30. Sepasang roda ini bikin Motor yang dikerjakan Tony punya karakter lebih kuat.

Sentuhan aksen oranye keemasan di bagian roda dan juga strip yang mengelilingi body bikin motor ini tambah keren lagi!