Meluncur Dari Texas Dengan Scarlet Witch

LAZONE.ID - Membangkitkan kembali motor yang sudah 'mati'

CB450 bisa dibilang merupakan salah satu motor Honda yang paling banyak digemari pada masanya. Sayang banget, banyak dari motor ini yang akhirnya terbengkalai setelah digunakan untuk beberapa tahun.

Seperti halnya motor satu ini. Jeff Massamillo dari Texas, Amerika Serikat membeli sebuah motor CB450 rilisan tahun 1973 yang udah terbengkalai selama lebih dari 40 tahun. Berbekal motor dengan kondisi mengenaskan, dirinya berniat membuat motor ini jadi sebuah cafe racer yang kembali bisa meluncur di jalanan.

Banyak banget hal yang harus dilakukan dan butuh usaha ekstra serta ‘kekuatan khusus’ untuk mampu membuatnya kembali berjalan. Itulah salah satu alasan kenapa motor ini dinamai Scarlet Witch, si penyihir yang identik dengan warna merah dan mampu mengubah sesuatu sesuai keinginannya.

Sebagai gambaran, ini adalah keadaan motor tersebut ketika dibeli oleh Jeff.


Bisa dibilang, Jeff membangun ulang motor ini setelah melucuti semua bagian body-nya. Jeff mempertahankan frame yang ada dan memoles serta memperbaikinya untuk sedikit mempertahankan bentuk yang ada. 

Jeff kemudian mendapatkan motor donor lainnya yaitu Honda CB500T dan memutuskan untuk menggunakan beberapa part dari motor tersebut. Seperti tangki bensinnya yang cocok untuk posisi riding sebuah cafe racer.

Dirinya juga memangkas bagian subframe untuk mendapatkan bentuk yang lebih pendek dan khas dari sebuah cafe racer. Pada bagian belakang, lampu LED dipasangkan secara terintegrasi dengan bagian subframe yang melengkung.


Untuk urusan performa, Jeff tentu harus menggunakan banyak part baru agar membuat motor ini bisa kembali berjalan, bahkan dengan performa yang lebih kencang. Sebut aja Wiseco piston .030, karburator Mikuni VM32, velocity stacks, starter elektronik, baterai lithium Shorai, Rick’s reg/rectifier, M-unit Blue dari Motogadget, unit pengereman baru, dan juga sebuah rotor depan yang dibor.

Pengerjaan berbulan-bulan pun berhasil dengan baik. Meski harus menghadapi banyak rintangan karena sering menemukan ketidak cocokan part di tengah jalan, motor ini bisa kembali melaju kencang di jalanan dan jadi sebuah tunggangan yang terlihat keren.