Menghidupkan Kembali Motor Klasik Dengan Gaya Street Tracker

LAZONE.ID - Hasilnya keren banget.

Motor klasik selalu punya nilai lebih di mata pecinta kendaraan roda dua ini. Biasanya, banyak orang yang rela berburu dengan harga tinggi untuk mendapatkan motor-motor tersebut. Sering kali, sentuhan modifikasi diperlukan untuk kembali menghidupkan citarasa klasik motor tersebut.

Salah satu motor klasik yang banyak digemari pecinta motor seluruh dunia adalah Norton Commando 850. Desain motor ini emang udah keren walaupun tanpa sentuhan modifikasi.

Dalam hal ini, FCR Original, bengkel modifikasi asal Prancis bikin sebuah modifikasi yang menambah kental citarasa klasik dari Norton Commando 850 tersebut.

Sebastian Guillemot dari FCR Original dapat satu tugas dari customer yang memesan motor ini, dia menginginkan sebuah motor klasik yang terlihat sporty dan elegan. Beruntung, Sebastian punya Commando 850 yang tak terpakai di garasinya. Hal yang membuatnya spesial, adalah motor ini buatan tahun 1975, salah satu model paling awal yang pernah dibuat.

Hal yang pertama dilakukan oleh Sebastian adalah melakukan rebuild pada mesinnya. Dia dan tim menggunakan part bawaan pabrik yang dipadukan dengan beberapa komponen yang lebih modern, termasuk karburator Mikuni VM38. Setelah itu mereka mendesain sebuah pipa yang bakal berperan sebagai knalpot. Gak ada muffler cone yang terpasang, Sebastian sengaja mendesainnya seperti itu.

Salah satu perubahan terbesar ada di bagian suspensi. FCR menggunakan setelan Ceriani GP35 racing forks. 

Cakram rem yang digunakan adalah produk aftermarket buatan France Equipment, yang dipadukan dengan velg berukuran 18 inch dan dibalut dengan ban Dunlop K180. Bagian ini juga yang bikin Commando 850 ini terlihat lebih sporty dan elegan.

Motor ini pun dinamai Bucephalus, diambil dari nama kuda milik Alexander The Great, salah satu pemimpin terhebat pada masa kekaisaran Romawi. Menurut Sebastian, nama ini cocok dengan Commando 850 rakitannya karena punya tenaga yang besar, ringan, serta lincah seperti kuda milik sang kaisar Romawi.

Bener-bener klasik dan sporty. Jadi pengen mengendarai langsung di jalanan kota dan buat touring ya, Bro?