Menghidupkan Kembali Norton 16H 1936

LAZONE.ID - Motor lawas yang kembali seperti baru

Motor jadul, dari tahun berapapun itu selalu membawa nilai tersendiri buat sebagian orang. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan budget lebih demi menghidupkan kembali motor yang telah ‘mati’.

Seperti halnya Norton 16H rilisan tahun 1936 yang direstorasi oleh Jake Robbins berikut ini.

Norton 16H sendiri adalah salah satu motor Norton yang punya umur produksi paling panjang karena terus dirilis mulai dari tahun 1911 hingga pertengahan 1950an. Mesin Norton 16H bisa dibilang juga merupakan salah satu yang terbaik di kelas 500cc pada masanya.


Sejarah motor ini sangat panjang, terlebih untuk dunia militer Inggris. Soalnya, Norton 16H adalah motor yang ‘melayani’ para tentara Britaniar Raya selama terjadinya Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2.

Pada modifikasinya, Jake Robbins memperbaiki mesin 1.320 cc yang udah terpasang ketika motor tersebut tiba di bengkel mereka. Bersamanya masih terpasang beberapa part original seperti frame, gearbox, dan juga satu set girder fork.

Jake pun mencari berbagai part baru yang dikombinasikan dengan part bekas supaya cocok dengan motor yang sedang dikerjakannya ini.

Untuk membuat motor ini muat menampung perubahan yang ada, Jake harus memanjangkan sedikit frame-nya.


Untuk finishing, dirinya bikin warna motor ini sedikit terdistorsi walaupun seluruh karat yang ada di body motor sudah dibersihkan. Distorsi warna ini sengaja dipelihara untuk menegaskan identitas bahwa motor ini adalah barang lama yang tangguh dan masih bisa diandalkan meski sudah berumur.