Norton Jadi Tracker Klasik

LAZONE.ID - Tampilan masa jaya motor tracker!

Setiap jenis motor punya masa jayanya masing-masing. Seperti halnya motor super sport yang berjaya di era 90an, motor berjenis flat track ataupun street track punya masa jaya di era 1970an. Banyak identitas dari dekade tersebut yang melekat pada motor jenis satu ini.

Inilah yang menginspirasi Kenny Cummings dari New York untuk menyulap sebuah Norton jadi motor berjenis tracker. Norton yang biasanya identik dengan modifikasi beraliran cafe racer tampil keren dengan gaya klasik ala tracker pada motor satu ini. Jelas, Kenny menggunakan referensi motor tracker tahun 1970an untuk modifikasinya ini.

Motor yang Kenny gunakan adalah sebuah Norton Commando rilisan tahun 1972. Norton Commando satu ini terkenal sebagai motor roadster yang sangat mumpuni pada masanya. Makanya banyak yang masih memburu motor tersebut baik dalam bentuk asli maupun untuk modifikasi.


Gak cuma pengen kelihatan beda secara penampilan, Kenny juga ingin motor karyanya ini berbeda secara performa.

Kenny mengubah settingan kompresi pada motor untuk memberikan akselerasi yang lebih mantap. 

Pada bagian body, dirinya melucuti body asli motor tersebut dan mulai memoles frame yang ada. Untuk bagian tangki, dirinya mendapatkan bantuan dari Evan Wilcox yang dikenal sebagai pesulap dalam hal membentuk logam untuk modifikasi. Dirinya mendapatkan julukan tersebut karena hasil kerjanya yang sangat menawan dan tidak bisa ditiru oleh banyak orang.

Tangki bensin tersebut dibentuk sedemikian rupa supaya Kenny bisa merapikan semua komponen kabel dan kelistrikan yang terhubung dengan mesin.


Fender bagian depan dilepas untuk tampilan yang lebih minimalis. Jok memanjang bawaan pabrik milik motor ini juga diganti dengan sebuah jok bertipe single seater.

Kenny juga memilih untuk menggunakan sepasang roda dengan ukuran identik yaitu 19 inch. Meski begitu, dirinya membalut roda tersebut dengan dua tipe ban yang berbeda. Ini membuat roda bagian belakang terlihat seakan lebih besar dari seharusnya.

Lekukan tajam di beberapa bagian serta kesan yang minimalis dan fender belakang bergaya klasik emang mampu menangkap citarasa 1970an dengan cukup baik pada motor ini. Ditambah tampilannya yang begitu kinclong bikin motor ini jadi lebih berkelas.