Norton, brand motor asal Inggris ini sangat terkenal di kalangan pecinta cafe racer di benua Eropa. Soalnya salah satu produk mereka yaitu Norton Commando adalah salah satu motor bawaan pabrik yang langsung mengusung tema aliran tersebut. Kadang untuk menyempurnakannya, banyak yang menggunakan bentuk dasar cafe racer dari Norton Commando ini untuk menjelajahi berbagai gaya cafe racer mulai dari yang retro hingga futuristik.

Wajar aja kalau banyak yang menyukai aliran satu ini, cafe racer adalah salah satu aliran modifikasi paling fleksibel. Lo bisa mengubahnya dengan gaya retro untuk mendapatkan cita rasa otentik dari motor balap tahun 70-80an, lo juga bisa mengubahnya jadi sebuah motor yang modern dan masih bisa mempertahankan ciri kuat dari aliran tersebut.

Tapi gimana jadinya kalau cafe racer bawaan pabrik ini dijadikan motor drag race?



Drag bike Norton ini dikerjakan oleh Herb Becker dari Kanada, seorang pakar untuk motor Norton. Herb Becker sendiri menggunakan mesin motor Norton Commando untuk membuat motor drag race ini. Beberapa bagian penting dari Norton Commando digunakan untuk motor ini. Bisa dibilang, drag bike ini punya jiwa Commando karena menggunakan mesin motor cafe racer tersebut.

Karena membutuhkan akselerasi yang luar biasa untuk balapan jarak dekat, Becker menambahkan supercharger pada mesin Norton yang digunakannya. Bahkan, untuk menambah performa motor drag buatannya, Herb Becker memadukan mesin Norton Commando ini dengan sebuah mesin dari motor Triumph. Mesin tambahan ini didesain sebagai tenaga ‘tambahan’ supaya mesin utamanya punya dorongan jauh lebih kuat. Mesin ganda ini juga jadi alasan untuk Becker menamai motornya Double H (tambah satu mesin lagi mungkin namanya bakal jadi mirip pegulat, Bro!).



Motor ini tentunya bukan cuma sebuah mockup dan merupakan sebuah motor yang berfungsi secara penuh.

Seluruh rangka body dikerjakan bersama sebuah bengkel lokal bernama Forrest & Forrest Racing. Bentuk bagian belakangnya yang unik pun punya fungsi tersendiri. Bukan sekedar hiasan, bagian tersebut diklaim mampu membantu aerodinamis ketika motor sedang melaju kencang.

Jadi penasaran Bro, dengan mesin ganda seperti itu, motor ini bisa sekencang apa ya?