Norton Commando Motor Abadi

LAZONE.ID - Motor ini tak lekang dimakan zaman, merupakan deretan marque Inggris dengan mesin British Twin yang kesohor.

Sebagian besar motor menemukan akarnya di Inggris. Beberapa motor ikonik muncul seperti di pabrikan Triumph, Vincent dan tentu saja Norton.

Merek-merek itu seperti bertanggung jawab membawa etos motor Inggris. Mesin-mesin motor itu membuka jalan menuju apa yang sekarang menjadi tren global yang dicintai oleh para hipsters dan penggemar di seluruh dunia.

Motor Inggris identik dengan model pascaperang. Mereka menggunakan mesin kembar paralel yang biasanya menggendong kapasitas 700 hingga 900 cc.

Bahkan, sampai muncul istilah British Twin yang terus mendapatkan popularitas. Pada awal tahun 60'an, Triumph mulai membuat gelombang dengan Bonneville mereka.



Tidak lama kemudian, marque Inggris lainnya meluncurkan iterasi motor modern mereka sendiri. Salah satu yang benar-benar menonjol pada saat itu adalah Norton Commando.

Norton Commando memakai twin parallel valve overhead, yang pada awalnya menggantikan 745cc dari 1967 hingga 1972. Ini menggunakan gaya ergonomis dan gaya abadi yang tetap populer hingga hari ini.

Pada 1973, Norton memperbarui Commando dan memasang mesin 828cc baru dengan kepala tipe hemi, serupa dalam desain dengan semua mesin Norton sejak awal berdirinya perusahaan di tahun dua puluhan.

Norton Motorcycles adalah salah satu produsen motor tertua di Inggris. Sangat disayangkan, bahwa perusahaan itu telah masuk ke administrasi di Inggris. Dengan kata lain, Norton telah mengajukan kebangkrutan setelah angka penjualan terus menurun, dan ketidakmampuan untuk menyelesaikan kredit.

Jika Norton menutup pintu mereka untuk selamanya, kemungkinan besar, daya tarik untuk motor mereka akan tumbuh. Lagipula, Norton memang memiliki kontribusi signifikan terhadap sejarah motor.

Motor ini merupakan Norton 850 Commando Roadster 1973. Motor tersebut adalah hasil restorasi mencakup semua suku cadang.