Restomod Honda CBX750 Unik Edition

LAZONE.ID - Fresh seperti baru!

Salah satu lini motor klasik Honda yang banyak dicintai adalah seri CBX. Pertama kali dikenalkan tahun 1984, banyak yang mencintai performa motor ini, meskipun di saat yang bersamaan harus sedikit membenci desainnya yang terasa nanggung.

Yap, CBX seperti CBX750 adalah sebuah motor dengan love-hate relationship dengan para pemiliknya. Gimana enggak, dengan tenga di atas 90 horsepower motor ini punya performa mantap. Namun banyak yang kurang menyukai bentuknya yang ‘agak aneh’, terlebih di bagian belakang.

Meski begitu, bukan berarti gak ada sama sekali yang mencintai bentuk aslinya. Unik Edition Custom Motorcycle dari Portugal ingin mempertahankan bentuk aslinya. Menurut Tiago dari Unik Edition, “Kami ingin meng-upgrade motor ini tapi tetap melihat sebuah CBX 750 sebagai hasilnya.”


Secara tampilan, Honda CBX750 yang dirilis tahun 1986 ini emang mirip banget dengan tampilan bawaan pabrik. Tapi jika dibongkar ke bagian dalam, lo bakal menemukan banyak banget perubahan. Tiago merestorasi motor tersebut namun tetap memberikan upgrade dengan komponen-komponen modern.

Subframe di bagian belakang dipangkas sepanjang 16 cm, ini memberikan tampilan yang lebih compact. Di bagian depan, motor ini menggunakan inverted forks dari motor Kawasaki ZX 9. Sepasang roda berukuran 17 inch dari Honda CBR juga dipasangkan pada motor ini untuk mendapatkan postur berkendara dan tampilan yang lebih mantap.

Sebagai finishing, Tiago hanya mengganti warnanya jadi silver dengan corak asli motor tersebut supaya CBX750 yang mereka restorasi tetap terlihat klasik.


Hasilnya motor ini tampil dengan tampang pada masa jayanya namun dengan berbagai upgrade yang bikin pengalaman mengendarainya lebih mantap.