Restomod Motor Langka Honda

LAZONE.ID - Menghidupkan kembali motor yang lama hilang dari peredaran

Motor Naked Sport punya pesona karena meski dengan tampilan yang minim fairing, tetap mampu memberikan kesan gagah dan bertenaga.

Ada satu motor naked sport yang namanya jarang banget terdengar karena cuma rilis selama dua tahun di kawasan Amerika Utara. Motor tersebut adalah Honda CB1 dengan mesin 399cc. Motor satu ini diproduksi tahun 1989 hingga 1990 sebelum akhirnya dihentikan karena penjualan yang buruk. Tapi justru inilah yang mulai bikin para enthusiast penasaran dengan motor yang udah lama gak diproduksi ini.

Pasangan ayah dan anak, Bill dan Evan Gregory yang berasal dari Ontario, Kanada menemukan sebuah Honda CB1 yang bakal dapat restorasi. Gak cuma sebuah restorasi, mereka melakukan sebuah Restomod untuk memberikan sentuhan tampilan modern pada motor tersebut.


CB-1 sebenarnya bukan motor yang rumit untuk dimengerti. Motor tersebut punya desain naked sport yang straightforward tanpa banyak keunikan. Desain joknya yang mendatar di belakang khas motor sport pada era tersebut. Tapi justru tampilan yang biasa-biasa ini lah yang bikin CB1 gak begitu laku ketika dirilis.

Penampilan adalah fokus utama Bill dan Evan. Dirinya membongkar semua yang ada pada motor tersebut dan menyisakan tangki bensin, mesin, serta sebagian dari frame untuk tetap mendapatkan feel asli dari CB1 ini. Beberapa bagian yang mendapat perubahan paling drastis adalah suspensi, swing arm, dan bodywork.

Untuk mengubah tampilannya jadi lebih sangar Bill membeli satu set komplit roda untuk Kawasaki ZX6R tahun 2009. Motor yang tadinya tampil ramping karena bermesin kecil, kini terlihat lebih solid dengan roda yang dibalut oleh ban Pirelli Rosso 180mm.


Mereka juga membeli set body Kawasaki Ninja 300 tahun 2016 meski tanpa bagian ekor. Bagian tersebut didesain sendiri oleh Bill dan dicetak menggunakan teknologi 3D printing. Sayangnya, ada gap yang terbuka antara body Ninja 300 ini dengan tangki bensin CB1 yang udah terpasang sebelumnya. Setelah menghabiskan banyak waktu untuk mendesain ulang, body tersebut akhirnya bisa menutupi CB1 ini dengan sempurna.

Lalu untuk mesin, sebagaimana restorasi pada umumnya mereka mempertahankan mesin yang ada dan memperbaiki part yang terlihat udah berumur. Sebagai sentuhan akhir, bagian luar mesin ini dilapisi cat dengan warna matte black yang kontras dengan frame berwarna merah dan bodywork putih di atasnya.