Kadang, dunia modifikasi dipenuhi oleh berbagai ide yang mengejutkan. Seseorang bisa mengubah sebuah motor di luar imajinasi kebanyakan orang tentang motor tersebut.

Kalau lo melihat sebuah motor klasik bermesin besar seperti Honda Goldwing GL1000, mungkin banyak orang yang menganggap motor tersebut bakal diubah menjadi wujud sebuah cafe racer klasik. Atau mungkin, sebuah scrambler dengan segala komponen offroad yang melekat pada motor tersebut.

Tapi nyatanya, workshop modifikasi dari Inggris, Death Machine Of London  (DMOL)mengubah sebuah Honda Goldwing dengan gaya yang terinspirasi dari seorang samurai. Well, mungkin banyak yang lihat motor ini terlihat seperti sebuah robot, tapi menurut DMOL mereka mengambil seorang samurai sebagai inspirasi motor tersebut.


Mereka mengatakan, bentuk bagian depan yang unik itu terinspirasi dari armor seorang jenderal dalam pasukan samurai, sedangkan nama Kenzo yang diberikan terinspirasi dari legenda balap Isle Of Man TT dari Jepang bernama Kenzo Tada.

Sekilas, lapisan plat yang ada pada bagian hood dan fairing serta menutupi tangki bensin emang terlihat seperti plat bahu dalam sebuah armor milik jenderal samurai.

Bentuk ini didapatkan dengan cara membentuk lempengan-lempengan aluminium secara manual. Pembentukan secara manual emang diperlukan supaya mendapatkan bentuk yang diinginkan.


Motor ini dibangun di atas sebuah Honda Goldwing GL1000 yang diproduksi pada tahun 1977. Artinya, mesin Kenzo udah berumur lebih dari 40 tahun. Meski begitu, ternyata kondisinya masih sangat baik, Bro. Nyatanya DMOL cuma perlu membersihkan bagian dalam dari mesin ini untuk membuatnya lebih segar. Selain itu, mereka memberi finishing doff pada bagian luarnya untuk membuat mesin tersebut terlihat baru.


Perubahan besar tentu aja terjadi pada bagian frame. Goldwing GL1000 sebenarnya punya frame yang panjang dan menutupi hingga bagian belakang. DMOL pun memotong rangka tersebut untuk mendapatkan bentuk single seat.

Jok single seat yang berada di atasnya juga dilapisi motif jahitan yang terlihat seperti sebuah baju seorang samurai ketika mereka melepaskan armor yang digunakan.


Satu bagian yang perlu dapat perhatian dan apresiasi lebih adalah bagian speedometer motor ini Bro, terlihat seperti sebuah karya seni. Soalnya, DMOL membuat speedometer tersebut secara handcrafted dan terinspirasi dari sebuah kotak perhiasan Jepang pada abad ke-18. Motif naga yang melingkar benar-benar jadi pembeda pada bagian tersebut dan jadi detail yang mengagumkan.

Mungkin, motor ini emang gak perlu upgrade performa ya Bro. Soalnya mesin 1000cc-nya udah punya kesan yang gagah dan agresif bagai seorang samurai.