Ada banyak cara untuk mendapatkan kecepatan di dunia motor. Tapi ketika pertama kali harus keluar dari jalur aspal, banyak yang harus dipertimbangkan juga.

Itulah yang terjadi pada Brent Giesbrecht dari MotoVida Cycle di Kelowna, Kanada. Banyak hal yang harus diubah, apalagi ia memilih Moto Guzzi V9 yang punya mesin istimewa.

MotoVida lebih dari sekedar toko, itu adalah tempat berkumpulnya komunitas. Bagi Brent, ia wajib menciptakan ruang bagi pengendara dan non pengendara untuk hang out di sana.

Membangun V9 merupakan kesempatan untuk menawarkan ide tersebut. Ia memperlihatkan bahwa chassis V9 juga masih bisa diubah, bahkan genre motor tersebut kini menjadi sebuah tracker.



Transformasi visual memang dianggap sangat penting. Modifikasi pada tangki bahan bakar yang berbentuk lurus hingga buntut juga membuat motor semakin simple.

"Desain cat merupakan ide Ford Econoline yang ada sejak pertengahan tahun 70'an. Beberapa permainan pinball Sesame Street juga menjadi ide lain yang muncul di kepala saya," kata Brent.

Ada beberapa part yang sebenarnya tidak cocok bagi Moto Guzzi tersebut untuk tampil di tanah. Ubahan kaki-kaki juga dilakukan, demi kontrol yang lebih baik.



Tapi ingat, jangan lupakan tenaga mesin yang ada pada V9. Ia memiliki torsi monster yang keren dengan kapasitas 853cc membuat daya tarik pada 3000 rpm seperti dijambak.

Suspensi depan ternyata akhirnya dipertahankan. Brent hanya menurunkan sekitar 1 inci saja agar lebih seimbang, dengan shock kembar BiTubo pada bagian belakang. Sementara pengereman memakai disk besar dengan caliper Brembo.