Kalo lo lagi bingung mau pilih iOS atau Android, coba dulu nih intip kerennya fitur Android Q, si penerus Android 9 Pie.

Meski Google belum mengeluarkan pernyataan resmi, namun banyak yang berspekulasi bahwa Android Q akan launching pada kuartal ketiga 2019, yaitu Juli - Agustus atau September. Tapi, lo penasaran dong pasti apa sih fitur update yang ada di Android Q ini.

Android Q menawarkan dukungan asli untuk perangkat yang dapat dilipat seperti Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X, sehingga aplikasi dapat dengan cepat beralih di antara ukuran layar yang berubah bentuk.

Sehingga lo mendapatkan kontrol lebih besar tentang bagaimana aplikasi dapat mengakses lokasi perangkat lo - seperti pada iOS, Android Q memungkinkan lo memberikan akses setiap saat.

Salah satu fitur baru yang keren adalah kemampuan untuk berbagi rincian jaringan Wi-Fi dengan kode QR: alih-alih harus membaca daftar huruf dan angka di belakang router, teman-teman lo hanya dapat memindai kode QR yang dihasilkan telepon.

Menu Bagikan juga mengalami perubahan, dengan waktu pemuatan yang lebih cepat untuk opsi pada menu (seperti aplikasi dan kontak lain yang mungkin ingin lo sambungkan), serta pratinjau tentang apa yang sebenarnya lo bagikan. Jadi, meminimalisir kesalahan lo salah kirim file.

Dalam hal pemberitahuan, lo harus melakukan beberapa penyesuaian. Android Q memungkinkan lo menekan agak lama pada notifikasi untuk memblokir notifikasi di masa depan.

Wuih, keren banget kan, Bro? Jadi gak sabar tunggu launchingnya, nih.