Google sudah mengumumkan akan merilis Android O. Apa saja yang baru dari sistem operasi ini? Di event Google I/O 2017, raksasa internet itu mengumumkan terobosan yang akan mereka buat.

Google menjanjikan fitur baru ini akan membuat pengguna Android lebih mulus dalam menggunakan sistem operasi yang baru nanti. Mereka menyebutnya sebagai Fluid Experience.

Ada tiga fitur utama di Fluid Experience ini bro. Yang pertama adalah Notification Dots. Loe pasti sudah akrab dengan angka kecil yang muncul di ikon aplikasi di ponsel Android kan? Nah di Android O, angka notifikasi ini disempurnakan.



Kalau loe melakukan tap dan tahan di titik angka tersebut, nantinya akan muncul quick preview berbentuk speech bubbles. Gunanya memperlihatkan isi dari notifikasi yang belum terbaca itu.

Yang lain adalah Picture in Picture. Fitur ini akan membuat loe bisa menonton video YouTube sambil melakukan pekerjaan lain seperti misalnya membalas email, pesan singkat atau bahkan nge-tweet.

Google juga menyempurnakan Autofill Passwords yang sebelumnya ada di Chrome. Kalau Chrome sudah menyimpan password loe, secara otomatis password ini akan tersimpan untuk login di ponsel Android.



Yang terakhir Smart Text Selection. Copy-paste akan jadi lebih mudah setelah disempurnakan di Android O. Selain itu, setiap kali loe melakukan text selection, loe juga akan mendapatkan beberapa opsi baru. Kalau yang lo select adalah alamat, Google akan dengan pintar menyarankan loe membuka Maps. Kalau nomor telepon, opsi yang muncul adalah membuat panggilan.

Nah, Android O sudah dirilis versi beta-nya bro. Tapi beberapa device yang bisa menggunakannya antara lain Nexus 5x, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, Pixel dan Pixel XL.