Siapa yang tak rindu memainkan game yang ada PS1? Selama ini loe mungkin mencari emulator-nya secara online dan memainkannya lewat laptop atau PC. Namun tentu saja ini kurang asyik! Makanya, Sony melahirkan kembali PS1 dalam PlayStation Classic.

Konsepnya sama seperti NES dan SNES Classic yang dirilis Nintendo beberapa waktu yang lalu. Konsol game ini adalah reborn dari versi aslinya namun dalam bentuk yang lebih mini. Dengan permainan-permainan yang sudah ditanam sebelumnya.

PlayStation Classic pun membenamkan sekitar 20 game legendaris dari PS1. Jadi tidak perlu lagi memainkan permainan-permainan tersebut dengan CD. Karena di PlayStation Classic, tidak ada slot buat memasukkan CD.

Tampilannya memang sama persis dengan versi aslinya. Namun dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Dengan begitu, tombol reset pun akhirnya tidak berfungsi sebagaimana yang dulu. Namun tombol ini dijadikan tombol 'pause' untuk berhenti sejenak dan nanti bisa dilanjutkan lagi.

PlayStation Classic menggunakan sambungan kabel HDMI ke TV. Dilengkapi juga dengan kabel USB. Sementara untuk AC Adapter-nya tidak disertakan dalam pembelian. Tapi tenang saja, joystick PS1 multiplayer sudah termasuk kok.

PlayStation Classic, Kejutan Sony Buat Pecinta PS1

The Verge menulis bahwa game-game seperti FInal Fantasy VII, Tekken 3 dan Ridge Racer Type 4 akan ikut serta di dalam PlayStation Classic. Sayangnya daftar lengkapnya memang belum dirilis oleh Sony. Sony mengisyaratkan akan ada game yang berbeda di setiap negara.

PlayStation Classic akan mulai dijual 3 Desember 2018 nanti merayakan 24 tahun perilisan pertama konsol ini di Jepang. Harganya di Jepang dibanderol 9.980 yen atau sekitar Rp 1,3 juta.