Stiker GIF (gambar bergerak) sempat ditarik dari Instagram Stories. Disebabkan penyedianya, Giphy, kecolongan sehingga muncul GIF yang bernada SARA. Mendapat banyak kritik, Instagram pun menghentikan layanan stiker untuk beberapa waktu.

Kini stiker GIF sudah bisa kembali diakses dan digunakan untuk menghiasi Instagram Stories. Dikutip TechCrunch, Giphy menyebut bahwa ada bug yang menyebabkan mereka kecolongan dalam proses filtering stiker GIF.

Kini masalah bug tersebut sudah diatasi. Giphy mengklaim bahwa mereka kini punya proses moderasi yang lebih ketat untuk semua GIF yang masuk ke Giphy dan bisa ditarik ke Instagram. Mereka menjamin bahwa tidak akan ada lagi konten yang tidak pantas untuk di-posting.

Tidak main-main, proses moderasi Giphy sekarang lebih ketat. Mereka menyebut menaikkan level moderasi menjadi empat kali lipat agar insiden serupa tidak lagi terjadi.

Kembalinya GIF ke Instagram Stories dilakukan secara bertahap. Ada yang sudah mendapatkan update-nya kembali ada juga yang belum. Namun yang pasti, Instagram akan tetap mempertahankan fitur ini.

Ke depannya mereka pun akan tetap punya hubungan baik dengan Giphy. Demi memberikan pengalaman berbeda dalam mengunggah Stories.