Awas salah kaprah tentang Sit-up !

LAZONE.ID - Banyak yang sering bilang kalau sit-up bisa bikin perut rata kembali alias gak buncit. Gak salah sih, tapi sebetulnya sit-up hanya membentuk otot perut.

Banyak yang sering bilang kalau sit-up bisa bikin perut rata kembali alias gak buncit. Gak salah sih, tapi sebetulnya sit-up hanya membentuk otot perut. Kalau ingin buang buncitnya lebih baik memperbanyak latihan yang arahnya kardio seperti lari, jogging, sepedahan dan berenang. "Kalau sit-up itu lanjutannya setelah lemaknya terbakar. Baru deh proses pembentukan otot biar perempuan pada minta tanda tangan loe bro," beber Afrianto, salah satu instruktur di Fitness Center di bilangan Jakarta Barat.

Nah, kalau sudah "kering" baru bisa bentuk ototnya bro. Yuk laah kita fokus ke arah sit-up yang salah. Kesalahan umum yang sering terjadi saat melakukan sit-up, adalah:

1. Menempatkan tangan di belakang kepala. Sebaiknya jangan mendorong kepala ke depan saat mengangkat tubuh. Hal ini sering terjadi secara tidak sadar ketika Anda mulai lelah. Pastikan kepala tetap lurus saat berlatih.

2. Jangan mencoba menyentuhkan dahi pada lutut. Karena hal ini dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada punggung bagian bawah.

3. Ketika loe tidak bisa menjaga kaki tetap di atas lantai, biasanya akan menghabiskan tenaga ekstra untuk melakukan sit up. Dan kebanyakan upaya ini mengandalkan kekuatan paha dan bukan perut lagi yang menjadi target latihan. Sehingga loe tidak akan mendapatkan efek latihan yang maksimal.