Yuk mengenal lebih jauh tentang Abdomen atau Otot perut

LAZONE.ID - Buat yang doyan nge-gym gak anehlah sama nama lain dari otot perut atau Abdomen ini. Tapi banyak juga nih dari kita yang belom tahu apa sih otot perut itu, bahasa kerennya Abdominal.

Buat yang doyan nge-gym gak anehlah sama nama lain dari otot perut atau Abdomen ini. Tapi banyak juga nih dari kita yang belom tahu apa sih otot perut itu, bahasa kerennya Abdominal.
Abdominal atau otot perut adalah bagian dari tubuh kita yang berada di sekitar tulang dada dan tulang rusuk, yang menyatu hingga ke bagian pinggul kita nih bro.

Otot ini memiliki banyak fungsi nih buat loe yang belom tau. Fungsi utama otot ini adalah ngebantu otot punggung loe supaya menstabilkan tubuh loe biar badan loe tetap tegak. Otot perut itu sendiri terdiri dari beberapa bagian nih, diantaranya :

Rektus Abdominal

Arti dari nama ini sebenarnya adalah otot perut yang membentang secara vertikal di sepanjang perut bagian depan yang berfungsi untuk menekuk tubuh loe. Ketika loe baru bangun tidur dan loe mau berdiri inilah yang bertugas buat gerakin badan loe brad. Kalo lemak di perut loe banyak, bentuk sixpack loe gak bakal keliatan bro, karena otot inilah yang menampilkan bentuk sixpack.

Eksternal Obliques

Ini adalah otot perut terluar yang tugasnya memutar kesamping badan loe. Ini adalah otot yang lebar, tipis, dan otot ini adanya dekat kulit yang terletak di sisi tubuh loe. Otot ini berada di tulang rusuk bagian bawah badan loe, yang melintas menuju panggul. Gunanya otot ini ngejaga saat loe latihan yang ngebuat badan loe nekuk kearah samping.

Internal Obliques

Otot ini adanya di bawah otot external obliques bro. Otot ini yang ngebantu pergerakan tulang belakang loe saat loe melakukan latihan seperti crunch. Selain itu, otot ini juga berperan menstabilkan tulang belakang ketika loe ngelakuin gerakan memutar atau membungkuk.

Transversus Abdominus

Ini merupakan otot loe yang adanya paling dalam di antara ke tiga otot yang lain. Transversus Abdominus berperan menstabilkan punggung bagian bawah loe brad. Para ahli menyatakan kalo loe melakukan aktivitas seperti berjalan, berlari, dan sebagainya, otot ini adalah yang pertama kali aktif bergerak nih bro. Otot ini gabisa dilihat kaya otot sixpack sob, karena letaknya yang terlalu dalam di bagian perut loe.