Latihan Fisik Buat Biker Motorsport, Intinya Kekuatan, Mobilitas dan Endurance

LAZONE.ID - Seorang pengendara motorsport membutuhkan kekuatan fisik dan pandangan yang fokus. Untuk mendapatkan kekuatas fisik, layaknya pembalap, semua melkukan olahraga.

Seorang pengendara motorsport membutuhkan kekuatan fisik dan pandangan yang fokus. Untuk mendapatkan kekuatas fisik, layaknya pembalap, semua melkukan olahraga.

Menurut Jorge Lorenzo, pembalap Moto GP tim Movistar Yamaha, untuk melatih fisiknya juara Moto GP, untuk melatih fisiknya, ia rutin melakukan latihan fisik. Fokusnya pada 3 hal, yaitu kekuatan (strength), mobility dan enduro.

Untuk kekuatan, fokusnya pada tangan, lengan , bahu dan kaki. Semua itu berhubungan dengan kendali motorsport yang besar dan berat. Kekuatan tangan sangat mempengaruhi kecekatan kendali ketika di jalan. Kaki sangat diandalkan ketika loe menggeser tubuh saat belok dan membantu mengontrol motor. Sehingga latihan kekuatan sangat diperlukan untuk stabilitas dan daya tahan berkendara.

Latih kekuatan tangan, lengan, kaki, dan punggung loe bisa menggunakan plank, dengan posisi lurus, tangan mengepal, siku ditekuk, punggung dan kaki lurus. Tahan badan dengan tumpuan siku dan kaki, tahan beberapa saat lalu ulangi beberapa kali.

Mobilty. Untuk melatih mobiltas loe bisa fokus peregangan dan meningkatkan fleksibilitas agar pergerakan loe di atas jok motosport lebih nyaman dan mencegah kram di pinggul . Lebih bagus lagi ditambah dengan gerakan yoga dan Pilates, seperti yang dilakukan Jorge Lorenzo.

Endurance. Paling banyak dilakukan para pengguna motorsport dengan bersepeda. Latihan endurance ini akan melatih daya tahan dan kemampuan loe mengendarai sepeda dengan baik dan aman. Kelelahan fisik yang ditimbulkan saat loe melakukan endurance ini akan membentuk fisik loe makin kuat. Sebagai pengguna motor sport, loe dituntut memiliki daya tahan kuat.