Tak bisa dipungkiri para skuteris Indonesia paling seneng yang namanya touring atau riding jarak jauh kini makin meningkat. Ditambah lagi skuter kini bukan lagi sebagai kendaraan biasa tapi udah jadi gaya berpenampilan. Bepergian ke tempat baru emang paling seru dengan skuter pribadi apalagi bisa pergi ke luar negeri bersama skuter kesayangan. Untuk itu sebelum melakukan perjalanan, pastinya kita harus melakukan persiapan-persiapan sebagai bekal nanti di luar negeri. Mungkin bagi seseorang yang sudah biasa bepergian keluar negeri akan paham mengenai beberapa hal yang seharusnya dipersiapkan saat mengunjungi negara tujuan. Namun bagi seseorang yang baru tahu dan akan melakukan bepergian keluar negeri, maka ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan. 

1. Dokumen - Dokumen Perjalanan

Baca Juga: Tips Cari Lokasi "Scooter Camping"



Biasanya ketika di dalam kota cukup bawa Sim dan Stnk tapi berbeda ketika ingin touring ke luar negeri mulai dari Paspor, Visa, Exit / Re-Entry, Permit Fiskal, Health Certificate, Carnet De Passage En Douane (CPD). Berkas tersebut sangat penting dipersiapkan untuk kamu yang ingin melakukan touring ke luar negeri dari Indonesia melalui darat dengan skuter kesayangan kamu. 

2. Skuter Sehat Beserta Suku Cadang

 
Selain kondisi, kendaraan yang ingin bawa seperti skuter juga harus disiapkan baik keadaan mesin atau bagian lainnya seperti sparepart cadangan yang paling sering mengalami kerusakan, kunci-kunci, penerangan dan lain sebagianya wajib di persiapkan, karena pasti membutuhkan waktu lama dan perjalanan panjang. Gak main-main kalo udah di jalan, karena masalah suka datang kapan saja. 

3. Menyusun Rencana Perjalanan

Sebelum berangkat, kamu wajib banget nyusun rencana perjalanan selama berada di jalan dan di lokasi tujuan. Ini akan membuat perjalanan menjadi lebih terjadwal dan tidak membosankan. Dapatkan berbagai informasi mengenai objek wisata serta waktu kunjungan terbaik untuk mendatanginya. Kamu juga perlu mengetahui dengan jelas mengenai tiket masuk ke sana, dan juga transportasi yang akan kamu gunakan. Datangi tempat-tempat yang berada di satu kawasan atau berdekatan sekaligus, agar tidak boros waktu dan juga biaya.


 
4. Mengenal Negara Tujuan

Bukan seberapa banyak negara yang dituju, tapi aman tidaknya ketika kamu sampai suatu negara. Hal ini akan membantu kamu mempersiapan dengan matang untuk perjalanan kamu salah satu mengenai pakaian dan juga perlengkapan yang akan kamu gunakan selama di sana. Pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai untuk cuaca dan juga musim di sana, jika kamu salah mengantisipasi hal ini, maka bisa saja kamu harus mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli pakaian baru di sana. Benda yang harus dipersiapkan saat musim dingin, benda yang harus dipersiapkan saat musim panas. Selain hal tersebut, kamu juga perlu mengetahui dengan jelas mengenai berbagai aturan atau ketentuan yang berlaku bagi masyarakat umum di sana. Misalnya: aturan pada saat menggunakan transportasi umum, aturan membuang sampah, dan berbagai kebiasaan setempat lainnya.

Semoga artikel di atas bisa menjadi motivasi kamu dan mewujudkan mimpi kamu untuk bisa pergi ke luar negeri.  Salam satu aspal ! Soo pantau terus Instagram Scooterland.id. See You!