Udah sejak lama Nike berusaha menggabungkan style sportswear dengan streetwear. Salah satu sneakers bersejarah yang pernah mereka rilis adalah Moon Shoe. Bahkan mungkin bisa dibilang ini adalah sneakers pertama yang dirilis oleh brand asal Amerika Serikat tersebut.  

Sneakers ini didesain oleh co-founder Nike yang juga merupakan pelatih lari di Universitas Oxford, Bill Bowerman. Moon Shoe adalah salah satu inovasi terbesar dari Nike karena menyajikan sepatu dengan cushioning yang jauh lebih baik dari sepatu biasanya.

Apakah lo tau dari mana Moon Shoe mendapatkan namanya?


Pada tahun 1969, manusia mencatatkan salah satu sejarah terbesar mereka dengan mendaratkan Neil Armstrong di bulan. Nah, sepatu ini dibawa ke atas sana dan tapak kaki dari sole sepatu tersebut dipijakkan di permukaan bulan. Tapak kaki bekas dari Nike Moon Shoe kini masih ada dan terpampang di salah satu titik permukaan bulan.

Satu hal lagi yang membuat sepatu ini jadi unik adalah bagaimana Bowerman pertama kali mencetak bagian sole-nya. Sang co-founder mencetak sole sepatu tersebut dengan cetakan pancake. Yap, bentuk sole bergerigi sepatu ini didapatkan dari bagian berlubang pada cetakan pancake.

Cuma segelintir orang yang beruntung dan bisa memiliki sepatu bersejarah ini. Sotheby pernah berhasil menjualnya di harga USD $427.500 sekitar Rp6,15 miliar.

Kali ini Sotheby kembali melelang satu pasang lagi Moon Shoes dengan harga pembuka ada di angka USD $100.000.

Sepertinya, harga yang ditetapkan oleh Sotheby setara dengan sejarah dan pengaruh yang dimiliki Moon Shoe di dunia sneakers modern.