Nggak perlu repot-repot membuka laptop untuk edit foto, kini aplikasi editing foto sudah semakin banyak ditemukan di Play Store maupun App Store. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu Lo untuk mengatur pencahayaan, kontras, hingga saturation dan hue untuk menghasilkan foto yang semakin menarik.

Bukan hanya aplikasi editing untuk pengaturan hasil foto, kini Lo juga bisa download berbagai aplikasi tipografi foto untuk berkreasi menambahkan teks simpel supaya hasil foto Lo bisa semakin artsy. Mulai dari untuk Instagram Story, hingga Instagram Feed, daftar aplikasi ini bisa Lo gunakan secara gratis. Liat list lengkapnya di bawah, ya!

1. PicsArt
Aplikasi yang tersedia di HP iPhone maupun Android ini nggak cuma menyediakan tools untuk mengatur hasil foto, tapi juga menambahkan teks pada foto. Di PicsArt, Lo bisa memilih berbagai font yang tersedia serta menambahkannya di foto dengan berbagai warna, gaya, dan posisi yang fleksibel sesuai dengan preferensi Lo.

2. Phonto
Phonto merupakan salah satu aplikasi edit tulisan di foto dengan tampilan sederhana, tapi punya banyak fitur di dalamnya. Aplikasi ini bisa Lo gunakan untuk menambahkan tulisan dengan pilihan font dan style yang beragam. Biar tampilannya “nggak gitu-gitu aja”, Lo juga bisa membuat tulisan berbentuk melingkar atau menyerupai seperti ombak supaya hasilnya lebih dinamis. Kece banget, kan?

3. Font Studio

Ada kabar baik nih, buat Lo yang sudah setia menggunakan aplikasi Font Studio. Kini, aplikasi ini nggak cuma tersedia di PC, tapi juga di App Store dan Play Store sehingga Lo bisa edit tipografi foto langsung di HP, loh! Aplikasi asal ClickLab Technology ini memiliki banyak fitur mulai dari menambahkan teks dengan berbagai font, background, hingga warna dari pilihan foto Lo. Oh ya, Lo juga bisa pilih mode canvas, di mana Lo bisa edit tulisan di background solid dengan berbagai warna.

4. PixelLab

PixelLab punya tagline berupa “Text on Pictures”. Dengan membaca tagline-nya, tentu Lo sudah langsung paham ya fungsi dari aplikasi ini apa. Serupa dengan aplikasi-aplikasi di atas, PixelLab punya pilihan font dengan berbagai gaya dan warna untuk foto Lo. Jangan khawatir, PixelLab juga sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna dan mendapat review positif. Jadi, Lo nggak perlu ragu lagi, deh!

5. Posteroid
Kalau Lo ingin membuat poster editorial ala majalah, aplikasi Posteroid bisa menjadi pilihan Lo, nih! Aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih untuk menggunakan foto atau latar belakang yang polos, dan menemukan banyak template tulisan ala poster. Setelah selesai editing, Lo bisa langsung mengunggah hasilnya di Instagram atau Facebook lewat aplikasi.

6. Stylish Font
Kalau Lo ingin membuat poster editorial ala majalah, aplikasi Posteroid bisa menjadi pilihan, nih! Aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih untuk menggunakan foto atau latar belakang yang polos, dan menemukan banyak template tulisan ala poster. Setelah selesai editing, Lo bisa langsung mengunggah hasilnya di Instagram atau Facebook lewat aplikasi.

7. Overlay
Kehabisan foto tapi ingin menyampaikan pesan lewat teks pada foto yang indah? Di aplikasi Overlay, Lo nggak cuma bisa menambahkan tulisan pada foto, tapi juga memilih ragam koleksi foto dari aplikasi tersebut secara gratis untuk ditambahkan tulisan. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah adanya fitur stiker, bingkat, blur, hingga eraser yang bisa memudahkan pengguna. Jangan khawatir, aplikasi ini juga bisa di-download melalui App Store dan Play Store, ya

8. FontLab
Sebagian besar aplikasi biasanya hanya menyediakan font untuk tulisan bahasa latin. Nah, kelebihan dari aplikasi FontLab adalah Lo bisa menemukan berbagai font berbeda untuk tulisan Arab, Korea, Cina, hingga Jepang dan Rusia. Jadi kalau Lo mau mencoba menyampaikan pesan atau teks dalam bahasa lain, aplikasi yang memiliki font hingga 200 jenis ini bisa banget Lo jadikan pilihan.

9. Textgram
Digawangi oleh developer terkenal bernama Codeadore, aplikasi Textgram yang dikhususkan untuk pengguna Android menyajikan fitur lengkap untuk menunjang kreativitas Lo membuat tipografi yang keren.

Nggak cuma bisa menggunakan foto milik sendiri, Textgram juga menyediakan beragam foto background yang bisa digunakan gratis, serta fitur lain seperti filter, frames, reflection, dan masih banyak lagi yang bisa Lo eksplor.

10. InstaSize
InstaSize sebenarnya merupakan aplikasi framing foto untuk menyesuaikan berbagai rasio seperti ukuran Instagram Feed, Instagram Story, Banner, dan lainnya. Namun, selain menyesuaikan rasio, ternyata Lo juga bisa kok menambahkan tulisan dengan berbagai gaya font yang diinginkan. Mulai dari menulis resep, quotes, hingga nama menu pada foto makanan dan minuman, semua bisa pakai aplikasi ini.

Sekian 10 daftar aplikasi tipografi foto yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk berkreasi pada hasil foto Lo. Sebelum memutuskan mana aplikasi yang Lo download, ada baiknya untuk lihat review di Play Store atau App Store terlebih dahulu ya, supaya Lo bisa tau lebih banyak seputar kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi dari banyak pengguna. Last but not least, selamat mencoba dan jangan lupa follow Instagram @lensacommunity untuk tau update dan tips seputar fotografi dan videografi yang kece