Pernah nggak sih Lo mencoba foto candid? Teknik memotret ini memang kelihatannya simple, namun faktanya candid photography itu nggak sesederhana dan hanya mengandalkan spontanitas seperti yang Lo pikirin, lho. Lo juga perlu teknik fotografi yang tepat, agar hasil foto candid Lo kelihatan lebih hidup dan berkesan. 

Biasanya, foto candid menampilkan portrait dengan orang yang berpose secara natural yang tidak terkesan dibuat-buat. Sehingga gaya foto ini akan menangkap dan menghasilkan gambar yang alami namun mempunyai kesan unik dan menarik. Bukan hanya itu, dengan foto candid Lo juga bisa menghasilkan gambar yang jujur dan intim yang mampu menunjukkan kisah nyata dari subjek yang difoto. 

Lo bisa mendapatkan berbagai objek foto menarik di berbagai tempat. Mulai dari pasar tradisional, tempat wisata, dan objek pinggir jalan yang sederhana dan mempunyai beragam cerita menarik. Nah, coba kita bongkar yuk cara bikin foto candid yang keren tuh kayak gimana, di bawah ini!

1. Pilih Kamera dan Lensa yang Tepat

Sebenarnya, jenis kamera apapun sangat bisa kok Lo gunakan untuk melakukan foto candid. Tapi, satu hal yang paling penting untuk Lo perhatikan adalah jenis lensa-nya! Buat jenis fotografi candid, jauh lebih baik bila menggunakan lensa kamera dengan panjang paling nggak sekitar 70 – 200 mm. Sebab, dengan lensa sepanjang itu, Lo bisa memberikan jarak antara kamera dengan objek. 

Kalau Lo ingin memotret foto orang yang sedang berjalan di trotoar dan mereka tau Lo sedang menenteng/membidik dengan kamera ke arahnya, mungkin tingkah laku orang tersebut jadi nggak natural dan mungkin akan terlihat risih. Makanya, disarankan menggunakan lensa yang panjang, biar Lo bisa menangkap momen-momen penting yang terjadi saat itu dari jarak agak jauh.

2. Teliti Terhadap Daerah Sekitar

Hal yang paling penting untuk fotografer candid adalah kemampuan untuk peka terhadap setiap momen yang ada di sekitar. Lo bisa menangkap momen-momen menarik dan tentunya berkesan yang ada di sekitar. Misal, Lo lagi hunting di kawasan yang penuh dengan orang, Lo bisa memperhatikan sekitar satu per satu. Dijamin banyak banget momen berkesan yang Lo dapetin dan bisa dijadikan bahan foto candid.

Selain momen, Lo juga bisa perhatikan cahaya, angle, peristiwa menarik apa yang terjadi di latar belakang, dan elemen lainnya yang bisa Lo tangkap di dalam foto tersebut agar menjadi sebuah gambar yang memiliki cerita yang mendalam.

3. Selalu Siap dengan Kamera

Bila Lo mau menggunakan teknik foto candid, biasanya momen tersebut terjadi hanya dalam waktu singkat. Nah, Lo sebagai fotografer yang bertujuan mengabadikan foto candid, wajib banget untuk cepat tanggap. Karena, setiap momen itu sangat berharga. Kalau terlambat sedikit saja, Lo bisa melewatkan foto candid menarik yang memang hanya terjadi saat itu saja. Makanya, lebih baik ketika lagi hunting  tenteng kamera Lo, jangan hanya menyimpannya di dalam tas kamera, supaya nggak ribet mengeluarkannya saat ketemu momen candid yang menarik.

4. Jangan Menggunakan Flash!

Lo mau melakukan foto candid tapi menggunakan flash?  Baiknya, jangan ya! Karena objek atau subjek candid Lo pasti akan langsung kaget saat terekspos dengan cahaya flash dan membuatnya menjadi risih, akibatnya, mereka jadi tau deh kalau sedang dipotret. Cahaya dari lampu flash yang menyilaukan juga pastinya bikin subjek foto Lo jadi terganggu dan membuat foto Lo jadi tidak terlihat alami. 

Kalau Lo butuh memasukkan cahaya yang lebih banyak, ada cara lain kok yang bisa dipakai selain menggunakan flash. Misalnya, menaikan angka ISO pada settingan kamera dan membuka aperture, memperlambat kecepatan shutter supaya cahaya makin cepat masuk ke dalam sensor. Malah, jauh lebih bagus lagi kalau Lo pakai ketiganya. Kalau buat setting yang lebih pas, memang harus eksperimen dan itu dia keasyikan dari belajar candid photography.

5. Posisikan Kamera di Tempat yang Pas

Nggak cuma cari subjek foto dan menemukan momen yang pas, Lo juga perlu menempatkan diri dengan benar saat melakukan candid photography. Daripada Lo mondar-mandir dengan membawa kamera yang cukup berat buat menemukan momen yang bagus. Mending, Lo mencari tempat strategis dan diam posisi  tersebut dengan view dan angle yang cocok untuk menangkap setiap momen candid. 

Itulah beberapa tips yang bisa Lo coba, supaya bisa dapat foto candid yang baik dan penuh dengan cerita. Perlu Lo ingat, foto candid itu nggak mengganggu ruang privasi orang lain, ya. Di mana candid photography itu untuk menangkap momen authentic yang alami dan mengabadikan perasaan subjek di dalamnya, yang tentunya mengantongi izin apabila gambarnya akan Lo publish. 

Untuk mendapatkan informasi lain tentang fotografi, jangan lupa untuk mengikuti akun @Lensacommunity di Instagram ya!