Setiap negara pasti memiliki peraturan lalu lintas dalam berkendara yang berbeda-beda, walaupun tujuannya sama yaitu menginginkan setiap pengendara selamat dan aman untuk sampai di tujuan. Tapi ada yang unik dari setiap aturan yang ada di tiap negara salah satunya di Indonesia sendiri. Inilah beberapa negara dengan peraturan unik yang Scooterland.id rangkum, simak di bawah ini :

1. Indonesia

Baca Juga: Tanda-Tanda Skuter Minta Jajan



Di suatu wilayah Indonesia ada satu kawasan yang memberlakukan aturan tak biasa. Salah satunya, Kota Lhokseumawe, Aceh. Di sana, ada aturan tegas yang melarang kaum hawa membonceng motor dalam kondisi melebarkan kaki atau mengangkang. Jadi, satu-satunya posisi si boncengers harus duduk menyamping, walaupun posisi ini kadang membahayakan tapi inilah aturan yang harus di taati oleh pengendara di Kota Lhokseumawe, Aceh.

2. Thailand


Di Negeri Gajah Putih, pengguna sepeda motor dilarang melepas baju saat berkendara di jalan raya. Artinya, jika ada pengendara yang nekat bertelanjang dada, atau hanya mengenakan pakaian dalam seperti singlet, akan dikenai hukuman tilang. Beda dengan di Indonesia, justru menjadi hal biasanya di Kota Bali ketika ingin ke Pantai.

3. Swedia



Di negara Swedia justru berbalik keadaan di Indonesia, larangan menyalakan lampu depan atau headlamp pada siang hari. Namun untuk roda empat justru diwajibkan untuk menyalakan lampu depan pada siang hari.

4. Jerman

Aturan unik yang melarang pengendara melepas sebelah tangannya saat berada di atas motor. Hal itu berlaku, bahkan ketika kendaraan dalam keadaan diam, seperti saat di lampu merah. Regulasi itu membuat pengendara tak bisa membenarkan tali helm saat berada di atas motor, meminum air, menggaruk bagian tubuh yang gatal, atau sekedar melambaikan tangan. Apabila ingin melakukan hal tersebut, maka wajib terlebih dahulu berhenti, lalu matikan mesin dan turun dari kendaraan.

Nah itulah beberapa negara di dunia yang memiliki keunikan dalam lalu lintas termasuk di Indonesia. Ada yang tau negara lain lagi langsung aja komentar di Kolom komentar yang ada di Instagram Scooterland.id. Simak terus Scooterland.id untuk dapetin info-info unik seputar roda dua dan skuter lainnya. See You!