Bodi, bisa dibilang salah bagian penting dari sebuah kendaraan apalagi skuter yang hampir keseluruhan bagiannya tertutup oleh bodi. Selain mencuci dan menghindari pantulan sinar matahari ketik parkir di area luar ruangan, ada lho beberapa cairan yang bisa merusak bagian cat pada bodi skuter. Langsung aja simak di bawah ini :

1. Lotion Obat Nyamuk

Baca Juga: Tanda-Tanda Skuter Minta Jajan



Sebelumnya, banyak beredar opini jika lotion obat nyamuk bisa membersihkan baret-baret halus di bodi motor, layaknya compound. Tapi ternyata hal itu enggak benar lur. Pasalnya, lotion obat nyamuk itu justru nempel di bodi dan bisa bikin cat mengelupas secara tidak langsung.

2. Bensin



Udah jelas banget kalo yang satu ini, kandungan pada bensin emang sangat berbahaya jika terkena bodi salah satunya warna pada cat bisa memudar alias berubah warna. Biasanya si bakal timbul bercak kuning gitu kalo udah terlalu sering terkena cairan bensin. Alangkah baik ketika kamu mengisi bensin usahan pas sesuai kapasitas tangki agar tidak luber ke bagian bodi. Sayang juga kebuang sia-sia bensinnya!

3. Thinner

Kalau yang satu ini, jelas jadi salah satu cairan yang haram hukumnya terkena bodi motor. Karena sifatnya yang keras jika terkena bisa bikin cat terkelupas. Ada yang bilang sih kalo cat pada bodi skuter original tahan cairan satu ini, mungkin pada awal pengecatan bodi pada skuter dilindungi oleh cairan khusus agar bisa bertahan lama dalam jangka panjang. Gak heran juga kalo skuter yang memiliki cat original bisa sampe gila harganya.



4. Minyak Rem

Dari namanya aja udah jelas yaitu minyak rem udah pasti fungsinya untuk sistem pengereman bukan untuk yang lain apalagi bagian bodi motor. Walaupun dampaknya tidak langsung tapi ada baiknya ketika  telanjur kena, harus buru-buru dinetralkan dengan air, lalu diseka pakai kain/ lap bersih.

Jadi itulah beberapa cairan yang bikin rusak cat pada bodi skuter lur. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu buat menjaga skuter kesayangan kamu biar tetap kinclong. Simak terus @scooterland.id Lur, karena banyak berita unik serta infomasi terkini seputar dunia roda dua khususnya skuter. See You!