Tantangan dunia otomotif kini sedang dalam proses peralihan motor berbahan bakar minyak ke listrik. Apakah ini tanda masa depan akan segera di mulai? Begitu juga dengan skuter, dimana para pecinta kendaraan tua ini lebih mengunggulkan mesin dengan oli samping atau 2 tak. Lalu bagaimana dengan matic yang punya mesin otomatis, apakah bisa bersaing ke depannya walaupun ada satu jenis yang sudah dibuat tapi belum sempat beredar di pasaran. Tapi bukan berarti harus menolak adanya perubahan, justru kita harus tahu sisi baik dan buruknya guna menjadi opsi untuk ke depannya. Langsung simak yuk !

1. Suara Mesin Halus Kayak Siluman

Baca Juga: Fakta Skuter Tetap Jadi Kendaraan Pilihan



Kalo mesin pada umumnya berisik suara knalpotnya karena mengeluarkan udara kotor pada bensin, tapi kalo listrik hanya suara putaran roda yang berputar. Jelas ini jadi satu keuntungan bagi para skuteris yang ingin menggunakan skuter dengan tenaga listrik. 

2. Sedia Baterai Cadangan



Sudah jelas listrik akan keluar apabila ada bahan bakarnya yaitu baterai. Tapi apakah baterai yang digunakan bisa menempuh jarak jauh, jawabannya bisa asalkan bawa baterai cadangan kalo engga bisa mogok di jalan. Resikonya kamu harus berat-berat membawa baterainya. 

3. Anti Antri Pombensin



Biasanya kalo isi bahan bakar harus ke spbu tapi untuk saat ini pom listrik kan belum tersebar luas. Jadi untuk skuter tenaga listrik kamu bisa mengisinya ketika di rumah, jadi kapanpun kamu mengisi gak harus antri buat isi bahan bakarnya, paling hanya membayar listrik yang digunakan ya.

4. Harga Lebih Mahal



Ngomongin soal harga, jelas skuter dengan tenaga listrik lebih mahal dibanding mesin umumnya. Karena selain baterai kamu harus mengganti mulai dari semua bagian sektor kaki-kaki, sistem kelistrikan, pemasngan sistem komputer, sampai sensor-sensor. Seperti di pasarakan dengan harga paling murah 12 jt, kalo skuter klasik dapet jenis apa ya? 

Udah siap buat beradapsi dengan tenaga listrik? Semoga artikel bisa bermanfaat buat kamu dan bisa acuan kamu untuk beralih ke tenaga listrik. Jangan lup follow @scooterland.id buat dapetin info menarik dan lengkao tentang dunia skuter!