Bicara skuter matik udah pasti ngomongin soal akselerasi, tapi apakah bisa meningkatkan akselerasi tanpa harus melakukan bore up mesin sedangkan untuk melakukan bore up sendiri rasanya sayang kalau harus membesarkan beberapa komponen mesin yang keadaannya masih aman untuk digunakan apalagi kondisinya masih original. Dengan memaksimalkan beberapa part dan settingan pada matik seharusnya bisa meningkatkan akselerasi pada matik mu. Apa saja yang harus diganti? Simak di bawah ini :

1. Menggunakan Roller Yang Ringan

Baca Juga: Istilah - Istilah Anak Balap Matic



Dengan mengganti berberapa bagian yang ada di Cvt seperti roller yang lebih ringan merupakan upaya untuk menyelaraskan setingan atau upgrage performa non bore-up yang susah dibuat. Tetapi jangan terlalu banyak saat menurunkan bobot rollernya, yaitu hanya cukup 2 gram dari roller bawaan skuter atau pabrikan matik.

2. Mengganti Cdi



Terkadang bagian ini memiliki batas limit yang artinya skuter memiliki batas top speed bahkan bisa mati mendadak ketika dalam kecepatan tinggi. Cukup dengan menggantinya dengan Cdi yang ada di pasaran atau bengkel-bengkel skuter matik, namun harus sesuai dengan rekomendasi bengkel sehingga tidak merusak bagian pengapian skuter matik kamu.

3. Memodifikasi Per Cvt



Pemilihan Per CVT pun mempunyai andil untuk menambah performa motor matic anda. Untuk per sudah banyak beredar part alfamarketnya di pasaran. Tinggal pilih mau yang seperti apa sesuai dengan tingkat pegas yang di ingginkan. Ada 2 pilihan yaitu per pegas keras dan per pegas yang lembut atau hampir normal , itu mempunyai efek  masing masing. Jika anda menginkan matic anda memiliki tenaga pacuan yang cepat di RPM bawah, hendaknya anda memilih yang keras.

4. Menyesuaikan Knalpot

Cara untuk mengupgrade performa motor matik dengan metode non bore-up tidak harus memakai knalpot racing. Tetapi alangkah baiknya agar pembuangannya lebih lancar maka untuk knalpot bawaan motor tersebut harus  dimodifikasi. Jika anda tidak ingin knalpot asli bawaan dari pabrik yang di otak-atik, maka bisa juga dilakukan dengan ganti knalpot aftermarket yang banyak dipasaran biasanya dengan sebutan standar bobok.

Setelah baca artikel di atas kamu tanpa melakukan Bore Up dan pastinya dana yang keluar akan lebih murah. Simak terus Scooterland.id untuk tahu tips menarik seputar skuter. Jangan lupa follow @scooterland.id ya!