Rupanya banyak yang sering terjebak di situasi seperti ini saat sedang mencari alamat yang berada di daerah perkampungan. Meski sudah menggunakan petunjuk arah (Ma ) bukannya sampai di tujuan, malah seringnya kesasar meski sudah bertanya ke penduduk sekitar. Wajar saja pada saat berkendara kamu pasti menanyakan orang sekitar yang entah orang yang ditanya benar-benar tahu jalan atau bukan, jadi tidak ada yang bisa salahkan atau kamu sendiri yang kurang paham dengan apa yang diinformasikan. Terlebih ketika kamu berada di suatu wilayah ketika bertanya orang sekitar hendaknya menjunjung tinggi nilai sopan santun pada saat bertemu orang yang gak di kenal.
 
1. Matikan Mesin Skuter
 


Etika yang pertama ini rasanya udah suatu yang wajib dilakukan bukan seberapa mewah atau mahal skuter yang kamu punya, karena pada saat berbicara bisa saja suara skuter kamu justru bisa saja menggangu suara percakapan antara kamu dan orang yang kamu tanya. Daripada harus berteriak mengeluarkan suara kencang-kencang lebih baik matikan mesin skuter kamu dulu deh lur.

2. Hampiri Lalu Berikan Sapaan
 
Hendaknya kamu menghampiri orang yang ingin kamu tanyakan jangan lupa awali dengan memberikan kata sapaan dengan ramah atau berikan senyuman sebelum bertanya “Misi mas! “ dengan begitu orang pun akan memberikan pertanyaan balik sebelum kamu bertanya seperti “ Ada apa mas, bro, atau lur? “ . Walaupun entah siapa yang ditanya kenal atau tidaknya kalo kamu sopan orang lain pun akan segan.
 
3. Cari Tahu Terlebih Dahulu


Kadang kamu pun pasti sering mengalami hal seperti ini, ketika ditanya alamat yang gak jelas alamatnya justru malah membingungkan untuk memberikan informasinya, Paling tidak kamu harus tahu betul alamat jelasnya minimal cari tahu terlebih dahulu dengan melihat aplikasi yang ada di smartphone dengan begitu kamu akan tahu patokan jalan atau penanda jalan agar lebih mudah menemukan alamat yang kamu tuju.

4. Ucapkan Terima Kasih

Baca Juga: Rangkuman Lalu Lintas Terbaru




Biasakan kalau sudah merasa dibantu orang lain itu untuk berterima kasih. Setelah itu, jangan lupa pamit kalau hendak meneruskan perjalanan. Ingat ya, pamit! jangan tiba-tiba nyelonong pergi tanpa berkabar, tahu-tahu sudah hilang aja. Meskipun nggak menyakitkan, pergi tanpa kabar setelah bertanya alamat itu benar-benar nggak sopan.

Nah, itu tadi hal penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin bertanya alamat pada orang lain yang nggak kalian kenal di pinggir jalan. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Biasakan bersopan santun dalam hal apapun ya lur. Simak terus artikel Scooterland,id karena masih banyak lagi info-info menarik dan bermanfaat buat kamu. Yang belum follow buruan deh follow Intagram kita di @scooterland.id, See You!