Belakangan ini skuter matic makin menjadi salah satu kendaraan para kaum milenial yang bisa menjadi bagian dari fashion kesehariannya, terkesan modelnya yang modern dan juga stylish. Ngomongin soal skuter sendiri khususnya skuter matic, harganya pun gak murah beda dengan skuter klasik yang harga 5 - 10 jt saja sudah dapet skuter, berbeda dengan skuter matic yang harganya masih di atas 20jtan. Tapi gak putus asa para skuteris buat bisa punya skuter matic alhasil skuter matic bekas jadi pilihan demi mendapatkan skuter matic. Tapi gak sembarangan beli biar gak kena zonk, tapi kamu harus memperhatikan beberapa hal agar sesuai dengan apa yang diinginkan.

1. CEK BAGIAN BODI

Baca Juga: Rangkuman Lalu Lintas Terbaru



Usahakan lihatlah bodi secara menyeluruh untuk mengetahui apakah motor ini bekas tabrak atau tidak. Kalau bekas tabrak pasti akan ketahuan walaupun sedikit, karena ini sulit ditutupi oleh para pedagang atau penjual. Kalau penjualnya jujur tidak masalah, tapi kalau yang kurang jujur itu yang masalah. Biasanya dengan cara mengeceknya saat test drive ketika lepas tangan.

2. KOMPONEN DIGITAL



Biasanya para pemilik skuter matik ini adalah anak muda. Secara otomatis, mereka akan melakukan modifikasi lantaran gatal melihat motor dengan kondisi standar. Hal ini juga wajib dipertanyakan kepada penjual. Apa sajakah komponen yang sudah diganti oleh penjual? Karena skuter matik sangat lemah urusan digital apalagi soal kelistrikan stater. Jika komponen aslinya masih ada, usahakan meminta untuk memakai komponen aslinya dibanding part aftermarket.

3. KONDISI MESIN



Kalau kata orang dulu, mendengarkan mesin bisa mengetahui kondisi mesin masih bagus atau tidak. Suara mesin skuter matik yang masih oke biasanya akan sangat halus. Karena skuter matik bawaanya  dianjurkan memakai bahan bakar dengan oktan minimal 91. Tapi sayangnya banyak pemakai yang melupakan hal ini. Selain itu, kamu bisa mengecek bagian luar mesin lainnya, seperti stater, engine mounting, dan bagian rengkes mesin guna benar-benar mendapatkan kondisi mesin yang origina dan sehat.

4. SIAPKAN DANA PERBAIKAN

Setelah benar-benar memboyong skuter bekas, kamu sebaiknya menyiapkan budget minimal 10-15% dari harga beli. Hal ini bertujuan untuk service kembali terutama untuk mengganti komponen fast moving yang sudah harus diganti. Sebagaimana membeli kendaraan bekas, kita tidak tahu sejarah motor tersebut kapan diservis. Sebaiknya oli yang ada di sepeda motor diganti dengan yang baru. Pengecekan juga bisa melihat kondisi kampas rem, CVT dan mangkok kopling.

Nah, kalau sudah begini jadi ngerasa aman deh buat beli skuter matic bekas. Kira-kira adalagi gak tips yang biasa kamu lakukan dan alami saat beli skuter matic bekas? Follow instagram @scooterland.id biar kamu gak ketinggalan info menarik tentang dunia skuter.